Terbit: 21 March 2018 | Diperbarui: 30 April 2022
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com- Berbagai macam jenis obat jerawat sudah tersedia di toko-toko dan mudah ditemukan. Namun, tahukah Anda bahwa sebenarnya membersihkan jerawat juga dapat Anda lakukan secara alami dengan bahan-bahan yang tersedia di sekitar Anda? Perawatan alami buatan rumahan ini dapat membantu Anda mencegah timbulnya jerawat dan membersihkan jerawat.

pic credit: zenspa1

Seperti yang dilansir dari everydayhealth.com, Fran E.Cook-Bolden, MD, seorang dermatologis dan direktur Skin Specialty Group dan Ethnic Skin Specialty Group di New York menyebutkan beberapa bahan yang dapat Anda gunakan untuk perawatan jerawat rumahan.

1. Masker telur dan lemon

Masker telur dan lemon ini tidak hanya bagus untuk kulit berjerawat, tapi juga dapat memperbaiki tampilan berbagai jenis kulit. Anda hanya perlu mencampurkan perasan setengah air lemon dengan putih telur yang telah dikocok. Kemudian oleskan pada wajah dan diamkan selama semalam. Pagi harinya, bilas dengan air hangat.

2. Masker Madu

Sebelum menggunakan masker madu, bilas terlebih dulu wajah Anda dengan air hangat untuk membuka pori-pori. Selanjutnya, oleskan madu pada wajah dan diamkan selama 30 menit. Bilas dengan air hangat, kemudian lanjutkan dengan membilas wajah dengan air bersih untuk menutup pori-pori.

3. Masker Mentimun

Mentimun memberikan efek mendinginkan dan menenangkan kulit. Kulit yang menjadi kasar karena jerawat, dapat Anda atasi dengan masker mentimun. Ambil satu buah mentimun dan hancurkan hingga halus. Saring airnya, tambahkan satu sendok gula, dan aduk hingga merata. Oleskan pada wajah dan diamkan selama 10 menit sebelum membilasnya dengan air dingin.

4. Masker Oatmeal dan Mentimun

Selain digunakan sendiri, Anda juga dapat mencampur 1 buah mentimun kecil dengan 1 mangkuk oatmeal, dan 1 sendok the yogurt. Oleskan pada wajah dan diamkan selama 30 menit, kemudian bilas.

Bahan-bahan yang disebutkan tersebut dapat membantu menutrisi kulit dan membersihkan jerawat. Namun, biasakan untuk mengujinya terlebih dulu pada bagian kecil kulit sebelum mencoba perawatan apapun untuk memastikan apakah ada reaksi alergi atau tidak.

Selamat mencoba!


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi