Terbit: 25 Mei 2018 | Diperbarui: 30 April 2022
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com- Masker lidah buaya, belakangan ini sedang banyak diminati di kalangan wanita muda dan dewasa Indonesia. Bukan tanpa sebab, pasalnya kandungan yang ada di dalam lidah buaya, memang luar biasa untuk kulit, bahkan juga rambut. Kami melansir informasi dari Natural Living Ideas, mengenai manfaat lidah buaya untuk kesehatan kulit dan rambut, berikut ini.

Alasan Mengapa Kulit dan Rambut Membutuhkan Lidah Buaya

1. Lidah Buaya Sebagai Pelembap Alami

Lidah buaya merupakan pelembap alami bagi kulit yang istimewa sebab tidak menyumbat pori-pori seperti produk pelembap yang banyak dijual di pasaran. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa lidah buaya mengandung zat alami yang efektif membuat kulit tetap terhidrasi, sehingga lidah buaya diformulasikan menjadi kosmetik yang digunakan untuk perawatan terhadap kulit kering.

2. Lidah Buaya Dapat Menyembuhkan Luka Bakar

Dari hasil eksperimen yang dilakukan empat studi menunjukkan bahwa lidah buaya dapat membantu menyembuhkan luka bakar tingkat pertama dan kedua dalam hitungan hari dibandingkan penyembuhan dengan yang lain. Lidah buaya bekerja mereproduksi sel kulit mati akibat luka bakar sebanyak delapan kali lebih cepat, dan menembuas epidermis empat kali lebih cepat dibanding dengan air. Pendapat ini dikemukakan oleh Dr. Danhof (North Texas Research Laboratories) yang termuat dalam Natural Living Ideas.

3. Membuat Rambut Tumbuh dengan Sehat

Manfaat lidah buaya untuk kesehatan kulit dan rambut tidak berhenti pada melembapkan dan mengatasi luka bakar, untuk rambut, manfaat lidah buaya adalah dapat membuat sirkulasi darah ke bagian kuli kepala meningkat, serta mengantarkan beberapa vitamin dan mineral penting ke kulit kepala.

Penulis buku Aloe Vera: Nature’s Sooting Healer, Diane Gage, mengatakan bahwa keratin rambut memiliki susunan kimia yang mirip dengan lidah buaya. Yang artinya, perawatan rambut menggunakan lidah buaya dapat membuat rambut terhindar dari patah, membuat rambut menjadi halus.

Selain tiga manfaat di atas, manfaat lidah buaya untuk kesehatan kulit dan rambut lainnya masih banyak. Anda tidak perlu ragu mengenai manfaatnya. Selamat mencoba!


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi