Terbit: 7 Juni 2021 | Diperbarui: 8 Juni 2021
Ditulis oleh: Muhamad Nuramdani | Ditinjau oleh: Tim Dokter

Manfaat tamanu oil untuk wajah sangat bagus, misalnya untuk menghilangkan bekas jerawat psoriasis, rosacea, dan bekas luka lainnya. Yuk selengkapnya ketahui khasiat minyak tamanu untuk kesehatan dan kecantikan kulit wajah di bawah ini! 

9 Manfaat Tamanu Oil untuk Wajah, Antijerawat hingga Antipenuaan

Apa Itu Tamanu Oil?

Tamanu oil adalah minyak yang diekstrak dari biji pohon kacang tamanu (Calophyllum inophyllum) atau nyamplung. Minyak tamanu dan bagian lain dari pohon ini memiliki manfaat sebagai obat selama ratusan tahun oleh budaya tertentu di Asia, Polinesia, Afrika, dan Pulau Pasifik. Orang dahulu percaya manfaat minyak tamanu bagus untuk kulit.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa minyak ini dapat mencegah pertumbuhan tumor pada pasien kanker, mengobati vaginitis, dan mengurangi gejala pada pengidap HIV. Untuk kecantikan, ini sebagai minyak pembawa untuk mengencerkan minyak esensial atau sendiri untuk melembapkan dan mengatasi masalah kulit.

Manfaat Tamanu Oil untuk Wajah

Minyak tamanu sejak dahulu menjadi salah satu minyak yang memberikan sejumlah manfaat, baik untuk kesehatan maupun kecantikan, mulai dari penyembuhan luka hingga pelembap kulit. Ini karena minyak yang terbuat dari biji buah nyamplung ini memiliki kandungan yang berkhasiat untuk kulit, mulai dari antioksidan hingga antiperadangan.   

Berikut ini daftar manfaat tamanu oil untuk wajah:

1. Mencegah Jerawat

Sebuah penelitian di tahun 2015 mengamati minyak tamanu dari lima bagian berbeda di Pasifik Selatan. Hasilnya, bahwa minyak tersebut menunjukkan aktivitas antibakteri dan penyembuhan luka yang tinggi terhadap strain bakteri yang memicu jerawat, termasuk Propionibacterium acnes (P. acnes) dan Propionibacterium granulosum ( P. granulosum).

Bukti lainnya menunjukan adanya sifat antiinflamasi dari minyak ini. Bersama dengan kemampuannya membunuh P. acnes dan P. granulosum, minyak tamanu juga dapat membantu mengobati jerawat yang meradang.

2. Menghilangkan Bekas Jerawat

Minyak tamanu efektif untuk mengobati bekas luka. Sejumlah penelitian biologis telah menunjukkan bahwa minyak tamanu memiliki sifat penyembuhan luka dan regenerasi kulit. Ini telah terbukti meningkatkan proliferasi sel dan produksi komponen tertentu kulit—termasuk kolagen dan glikosaminoglikan (GAG)—semuanya penting dalam penyembuhan bekas luka.

Manfaat minyak tamanu untuk wajah juga telah terbukti dapat menghilangkan bekas luka akibat jerawat dan jerawat itu sendiri.

3. Mempercepat Penyembuhan Luka

Manfaat tamanu oil untuk wajah mampu membantu penyembuhan luka, yaitu kemampuan untuk mempercepat penyembuhan luka dengan membentuk jaringan baru.

Penelitian terhadap minyak tamanu menemukan bahwa Calophyllolide yang diisolasi dari Calophyllum inophyllum pohon kacang tamanu mengurangi fibrosis, atau jaringan parut. Calophyllolide adalah neoflavanoid, senyawa antiinflamasi dan metabolisme. Penelitian lain menemukan bahwa minyak ini dapat mengobati luka yang telah terinfeksi secara efektif.

4. Antipenuaan (Mencegah Kerutan)

Minyak tamanu adalah bahan aktif yang digunakan oleh berbagai produk perawatan kulit, seperti krim antipenuaan. Minyak ini kaya akan asam lemak, yang membantu menjaga kelembapan kulit. Sementara kandungan antioksidannya dapat melawan kerusakan akibat radikal bebas.

Khasiat minyak ini juga mampu meningkatkan produksi kolagen dan GAG yang berfungsi dalam antipenuaan dan regenerasi kulit.

Tidak hanya itu saja, minyak tamanu juga bisa membantu mencegah kerutan yang terjadi oleh kerusakan akibat sengatan sinar matahari atau ultraviolet (UV). Sebuah penelitian in-vitro di tahun 2009 telah menemukan bahwa minyak tersebut mampu menyerap sinar UV dan menghambat 85 persen kerusakan DNA akibat radiasi UV.

5. Menghilangkan Bintik Hitam di Wajah

Belum ada bukti penelitian yang menunjukkan bahwa minyak tamanu dapat mengurangi munculnya bintik hitam. Namun, minyak tamanu kaya akan antioksidan yang terbukti memiliki kemampuan memutihkan kulit.

Meskipun masih kurang bukti tentang manfaat tamanu oil untuk wajah dengan bintik hitam, tetapi tidak ada salahnya mencobanya sendiri. Dengan catatan, asalkan kulit Anda merespons baik terhadap minyak tamanu dalam uji tempel.

Anda bisa mencobanya untuk perawatan hiperpigmentasi dengan mengoleskan minyak ini ke bintik-bintik penuaan, bintik-bintik hitam pascainflamasi (akibat eksim atau dermatitis), atau bercak melasma (bercak cokelat).

Baca Juga: 15 Manfaat Minyak Jarak untuk Kesehatan dan Kecantikan Kulit

6. Antiinflamasi

Selama berabad-abad, sifat antiinflamasi minyak tamanu telah memberikan perawatan untuk berbagai penyakit, termasuk luka bakar, luka, bisul, dan lecet. Minyak tamanu juga dapat mengobati (tetapi tidak menyembuhkan) kondisi kulit yang mengalami inflamasi atau meradang. 

Menurut penelitian telah menemukan bahwa minyak tamanu secara efektif dapat mengobati kulit yang meradang akibat dermatitis atopik (eksim). Namun, masih memerlukan penelitian lebih lanjut. Minyak tamanu juga dianggap sebagai pengobatan yang efektif untuk psoriasis dan rosacea.

7. Pelembap Kulit Kering

Kulit kering adalah suatu kondisi yang biasa diobati dengan penggunaan minyak. Salah satunya minyak tamanu yang ternyata sangat melembapkan kulit wajah.

Minyak tamanu mengandung banyak asam lemak, khususnya asam palmitat, oleat, linoleat, alfa-linoleat, dan stearat. Asam lemak berkhasiat membantu kulit menahan kelembapan dengan bertindak sebagai penghalang. Ini membuat kulit tampak segar dan kencang.

8. Mengobati Luka Bakar Akibat Sengatan Matahari

Beberapa orang menggunakan minyak tamanu untuk mengobati luka bakar akibat sengatan matahari (sunburns) dan luka bakar ringan lainnya. Ini karena minyak tamanu memiliki sifat antiinflamasi, yang mungkin membantu meringankannya, serta memiliki sifat penyembuhan.

Minyak tamanu juga kaya akan antioksidan kuat, penting untuk melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas paparan paparan faktor lingkungan, seperti sengatan matahari dan polusi.

9. Mengatasi Ruam

Manfaat tamanu oil untuk wajah dapat mengatasi ruam yang terjadi akibat terlalu sering atau terlalu kuat menggosok kulit. Minyak tamanu murni yang paling sering banyak orang gunakan untuk mengobati ruam, karena asam lemak di dalamnya dapat membantu melembapkan kulit dan mungkin mempercepat proses penyembuhan.

Cara Menggunakan Tamanu Oil untuk Wajah

Minyak tamanu sangat serbaguna, sehingga banyak terdapat di sejumlah minyak wajah dan tubuh, pelembab,  serum, dan bahkan dalam satu atau dua produk perawatan rambut. Minyak ini bisa Anda gunakan sebagai masker, pelembap, atau perawatan spot.

Berikut ini cara mendapatkan manfaat tamanu oil untuk wajah:

  1. Untuk masker, cukup mencampurkan minyak tamanu dengan bahan dasar pelembap lainnya (seperti madu manuka atau lidah buaya) dan oleskan selama beberapa menit sebelum membilas dengan air hangat.
  2. Jika pelembap lebih cocok untuk Anda, campurkan beberapa tetes minyak tamanu ke dalam krim atau minyak wajah Anda (atau gunakan yang sudah memiliki minyak tamanu) dan pijatkan ke kulit wajah secara lembut.
  3. Bahkan jika memilih perawatan spot, Anda tetap ingin mengencerkan tamanu dengan minyak pembawa lain sebelum mengoleskan pada kulit wajah yang bermasalah. Sifat antimikrobanya membuat minyak tamanu dapat membantu menyamarkan noda di kulit yang cukup ampuh—mirip dengan khasiat tea tree oil.

Baca Juga: 10 Manfaat Minyak Biji Anggur (Grapeseed Oil) untuk Kecantikan Kulit

Efek Samping Minyak Tamanu pada Kulit

Minyak tamanu biasanya aman bila menggunakannya secara topikal. Namun, tidak diketahui potensi efek samping jika mengkonsumsi secara oral.

Mengingat minyak tamanu terbuat dari biji pohon kacang tamanu, orang dengan alergi kacang pohon harus menghindari penggunaan minyak tamanu.

Jika Anda mengalami gejala, tertentu seperti gatal-gatal, kemerahan, iritasi, atau efek samping lainnya saat menggunakan minyak ini, segera hentikan menggunakannya.

 

  1. Anonim. 2019. Benefits Of Tamanu Oil: The Exotic Elixir Your Skin Will Love. https://www.herbaldynamicsbeauty.com/blogs/herbal-dynamics-beauty/benefits-of-tamanu-oil-the-exotic-elixir-your-skin-will-love (Diakses pada 7 Juni 2021)
  2. Anonim. Tanpa Tahun. Health Benefits of Tamanu Oil. https://www.webmd.com/beauty/health-benefits-tamanu-oil#1 (Diakses pada 7 Juni 2021)
  3. Jackson, Kristin C. 2016. 5 Ways Tamanu Oil Can Be Used To Treat Irritated Skin. https://www.bustle.com/p/5-tamanu-oil-uses-for-skin-that-will-make-you-fall-in-love-with-this-natural-ingredient-3652835 (Diakses pada 7 Juni 2021)
  4. Santos-Longhurst, Adrienne. 2019. Everything You Need to Know About Tamanu Oil. https://www.healthline.com/health/tamanu-oil#purported-benefits (Diakses pada 7 Juni 2021)
  5. Wong, Cathy. 2021. The Health Benefits of Tamanu Oil. https://www.verywellhealth.com/health-benefits-of-tamanu-oil-89519 (Diakses pada 7 Juni 2021)


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi