Terbit: 26 May 2018 | Diperbarui: 9 May 2022
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Nanas merupakan salah satu buah tropis yang memiliki kandungan air cukup berlimpah. Tidak hanya itu saja, buah satu ini juga mengandung ragam vitamin yang dapat membantu dalam menjaga kesehatan tubuh. Terkait dengan kandungan bahan aktif yang ada di dalam buah nanas, rupanya sejumlah orang justru memanfaatkannya untuk merawat kesehatan dan kecantikan kulit. Sebenarnya apa saja sih manfaat dari penggunaan nanas untuk kulit?

Bisakah Nanas Merawat Kesehatan Kulit Anda?

1. Menjaga Kulit Terhindar dari Penuaan

Salah satu kandungan bahan aktif yang terdapat pada buah nanas adalah vitamin C. Vitamin C sendiri merupakan salah sat sumber dari antioksidan yang berperan dalam melindungi kesehatan kulit. Terutama dari dampak buruk radikal bebas yang disebabkan oleh paparan sinar matahari dan polutan. Tidak heran jika mengonsumsi atau pun menggunakan buah nanas dalam perawatan kecantikan kulit dapat menghindarkan Anda dari masalah penuaan yang menyebabkan kulit berkeriput.

2. Memudarkan Bekas Jerawat

Dilansir dari laman Stylecraze, kandungan vitamin C pada buah nanas ternyata juga dapat membantu memudarkan bekas jerawat yang mengganggu. Seperti yang telah diketahui, bekas jerawat kerap meninggalkan noda hitam atau merah yang sangat mengganggu penampilan. Meski demikian, Anda dapat mengaplikasikan masker atau pun toner yang terbuat dari buah nanas. Kandungan vitamin C di dalamnya akan membantu memudarkan sel kulit mati sekaligus menstimulasi proses regenerasi kulit sehingga kulit tampak lebih bersih.

3. Mencegah Kulit Menghitam

Seperti yang telah diketahui sebelumnya, buah nanas merupakan salah satu buah yang mengandung antioksidan dalam jumlah tinggi. Tidak heran jika buah nanas dapat melindungi kulit Anda dari paparan sinar matahari. Sinar matahari sendiri mengandung radiasi UVA dan UVB yang dapat merusak lapisan kulit sekaligus merangsang produksi melanin. Akibatnya, kulit akan menjadi lebih gelap dan kusam. Untungnya hal tersebut dapat diatasi dengan menggunakan buah nanas.


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi