Terbit: 24 Mei 2018 | Diperbarui: 9 Mei 2022
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Minyak esensial memang menjadi bahan andalan untuk merawat kesehatan kulit secara alami. Hal ini disebabkan oleh berlimpahnya kandungan bahan aktif, vitamin dan mineral yang ada di dalam minyak esensial. Tidak terkecuali dengan minyak biji perilla. Mungkin masih banyak dari Anda yang belum mengetahui minyak biji perilla.

Manfaat Minyak Biji Perilla untuk Menjaga Kesehatan Kulit

Minyak satu ini merupakan hasil ekstraksi dari biji tanaman Perilla Frutescense. Perilla juga dikenal dengan nama ‘wild basil’, ‘purple mint’ hingga ‘shiso’. Sebagai tambahan informasi, minyak biji perilla sendiri sudah sejak lama digunakan oleh masyarakat Asia untuk mengatasi sejumlah masalah kesehatan, tidak terkecuali dengan manfaatnya yang dapat menjaga kesehatan kulit seperti berikut.

1. Menjadikan Kulit Lebih Awet Muda

Dilansir dari laman Annmarie Gianni, minyak biji perilla dilengkapi dengan kandungan sejumlah fatty acid. Fatty acid sendiri merupakan bahan aktif yang menjaga kulit tetap lembap. Tidak hanya itu saja, kandungan fatty acid pada minyak biji perilla juga menjaga agar sel kulit tetap awet muda. Jadi, jangan heran jika penggunaan minyak biji perilla mampu memudarkan garis-garis halus pada sudut wajah.

2. Membersihkan Kulit Secara Optimal

Tidak hanya berperan sebagai bahan anti penuaan, minyak biji perilla juga kerap digunakan sebagai pembersih alami. Bahkan, membersihkan kulit wajah menggunakan minyak biji perilla tidak hanya melembapkan kulit, tetapi juga dapat mengangkat kotoran secara menyeluruh. Uniknya lagi, minyak biji perilla rupanya tidak menyebabkan pori-pori tersumbat sehingga aman digunakan untuk Anda yang memiliki jenis kulit berminyak atau pun rentan berjerawat.

3. Menjadikan Kulit Lebih Cerah

Penggunaan minyak biji perilla rupanya juga mampu menjadikan kulit lebih bersih dan cerah. Hal ini lantaran kandungan dari minyak biji perilla yang ampuh mengangkat dan membersihkan kotoran, debu hingga bakteri yang menempel pada permukaan kulit dan yang menyumbat pori-pori kulit. Selain itu, minyak biji perilla yang dilengkapi dengan antioksidan ini juga mampu memudarkan noda hitam atau pun bekas jerawat.

Di antara sejumlah manfaat minyak biji perilla di atas, siapa yang mengira jika minyak satu ini juga kerap disarankan untuk kulit sensitif. Apalagi formula bahannya tidak mengandung bahan-bahan yang memicu terjadinya alergi atau pun iritasi. Selain digunakan secara langsung, Anda dapat mencampurkannya dengan minyak esensial lain atau produk perawatan kulit favorit.


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi