Terbit: 24 Juni 2022
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

Manfaat lendir siput untuk kulit dan kecantikan sudah tidak diragukan lagi. Sebab, saat ini banyak produk perawatan kulit yang menambahkan bahan alami ini ke dalam kandungannya. Apa saja khasiatnya untuk kulit? Simak di sini!

Tak Disangka, Ini 9 Manfaat Lendir Siput untuk Kulit

Manfaat Lendir Siput untuk Kulit

Lendir siput atau bekicot telah lama digunakan sejak zaman Yunani Kuno untuk membantu mengatasi penyakit, seperti gangguan pencernaan, batuk, dan peradangan kulit.

Saat ini, lendir siput mulai dikenal karena popularitas skincare Korea (K-beauty). Banyak sekali produk kecantikan asal Negeri Ginseng ini yang menawarkan kebaikan lendir siput untuk merawat kulit.

Sebenarnya, apa saja manfaat lendir siput untuk kulit? Berikut ini di antaranya:

1. Membantu melembapkan kulit

Manfaat lendir siput untuk menjaga kelembapan kulit hadir berkat senyawa mucopolysaccharide yang terkandung di dalamnya. Khasiat dari senyawa ini adalah membantu memproduksi hyaluronic acid atau asam hialuronat pada kulit.

Perlu Anda ketahui, asam hialuronat bermanfaat untuk menarik air ke dalam kulit sehingga membantu kulit terhidrasi. Hal ini juga akan membantu mengisi garis-garis halus dan kerutan sehingga dapat mengurangi tanda-tanda penuaan.

2. Menutrisi kulit

Lendir siput mengandung proteoglikan, glikosaminoglikan, peptida antimikroba, asam hialuronat, asam glikolat, zinc, besi, enzim glikoprotein, dan peptida tembaga.

Tak hanya itu, lendir siput juga menyimpan sejumlah vitamin, seperti vitamin A dan E yang bertindak sebagai antioksidan.

Seluruh kandungan tersebut baik untuk menunjang kesehatan kulit; misalnya peptida yang dianggap dapat membantu memproduksi kolagen serta mengurangi kerutan.

Baca Juga8 Manfaat Masker Pepaya untuk Kulit Wajah dan Cara Membuatnya

3. Mengurangi garis halus dan kerutan

Lendir siput memiliki kandungan protein dengan konsentrasi tinggi dan polimer larut air lainnya. Kandungan ini kemungkinan baik untuk mengurangi tanda penuaan, seperti garis halus dan kerutan.

Sebuah studi terkait manfaat terkait manfaat filtrasi sekresi siput menemukan bahwa kerutan yang muncul pada kulit akibat paparan sinar matahari mengalami perubahan yang signifikan.

Penelitian tersebut menduga jika faktor pertumbuhan alami dalam lendir bekicot dapat membantu kulit meregenerasi cadangan kolagen, mengencangkan kulit, dan mengurangi garis halus serta kerutan.

3. Merangsang produksi kolagen

Manfaat lendir siput untuk merangsang produksi kolagen hadir berkat kandungan allantoin dan asam glikolat. Hal ini berdasarkan studi yang terdapat dalam Scientific Reports tahun 2021.

Tak hanya itu, lendir bekicot juga dapat merangsang pertumbuhan sel-sel kulit baru. Inilah yang membuat kulit akan tampak awet muda.

4. Mempercepat penyembuhan luka

Khasiat lendir siput ini hadir berkat senyawa allantoin yang terkandung di dalamnya. Menurut beberapa studi, kandungan ini mampu membantu proses penyembuhan dan merangsang pertumbuhan sel baru. Hal ini akan membantu mencegah kerusakan kulit.

Perlu Anda ketahui, banyak produk perawatan kecantikan yang sering kali memasukkan allantoin ke dalam kandungannya, misalnya pada obat antijerawat.

5. Menenangkan kulit sensitif dan iritasi

Bagi pemilik kulit sensitif, manfaat lendir siput yang satu ini bisa membantu. Bagaimana tidak, kandungan allantoin di dalamnya dapat membantu menghambat peradangan kulit.

Oleh karena itu, lendir siput dapat membantu menenangkan iritasi serta mengurangi kemerahan di kulit Anda.

6. Membantu memperkuat skin barrier

Mucopolysaccharide adalah salah satu kandungan yang memberikan tekstur lengket pada lendir siput. Meski begitu, khasiatnya untuk menjaga kesehatan kulit tidak main-main.

Ya, kandungan ini akan membantu memberikan lapisan perlindungan ekstra pada kulit atau yang dikenal sebagai skin barrier. Dengan begitu, kulit akan terhindar dari polusi, sinar ultraviolet, dan toksin.

7. Membuat kulit tampak lebih cerah

Kandungan asam glikolat dalam lendir siput terserap dengan baik oleh kulit. Senyawa ini dapat membantu mengeksfoliasi kulit sekaligus mengurangi tanda penuaan pada kulit, seperti garis halus.

Selain itu, kandungan asam glikolat pada lendir siput juga dapat membantu mencerahkan wajah. Tentu saja khasiat ini bisa Anda peroleh jika penggunaannya benar.

Baca JugaManfaat Asam Hialuronat bagi Kulit dan Kesehatan

8. Mengatasi hiperpigmentasi

Memiliki warna kulit yang tidak merata bisa sangat mengganggu. Namun, jangan khawatir. Sebab, lendir siput bisa membantu mengatasi permasalahan kulit yang satu ini.

Menurut studi, lendir hewan ini mampu menghentikan melanogenesis yang berlebihan. Melanogenesis adalah proses kulit memproduksi melanin (pigmen pemberi warna kulit).

Nah, dengan menghambat melanogenesis berlebih, lendir siput dapat memudarkan hiperpigmentasi sehingga kulit akan tampak lebih kencang.

9. Mengatasi Jerawat

Manfaat lendir bekicot selanjutnya adalah membantu mengatasi masalah kulit wajah yang mengalami breakoutKandungan di dalamnya, yaitu achasin glikoprotein memiliki efek antibakteri yang dapat menangkal jerawat dan membantu agar jerawat tak berbekas.

Nah, kini Anda sudah mengetahui sejumlah manfaat lendir siput untuk kulit. Meski memiliki segudang manfaat yang menjanjikan, waspadai efek samping yang bisa muncul. Pada beberapa orang, lendir dapat memicu alergi.

Jadi, setelah menggunakan produk yang mengandung bahan ini, Anda mengalami iritasi atau menunjukkan reaksi alergi, segera hentikan pemakaian.

 

  1. Adrienne, Alexis. 2021. 5 Surprising Snail Mucin Benefits for Your Skin. https://www.beautyaffairs.com.au/blogs/gybaio/snail-mucin-benefits. (Diakses pada 23 Juni 2022).
  2. Anonim. 2017. The Benefits and Risks of Using Snail Slime Products on Your Face and Skin: A Conclusive Guide. https://www.skincarebyalana.com/blogs/skincare/snail-mucin-skin-care-benefits. (Diakses pada 23 Juni 2022).
  3. Anonim. Why Snails Are Becoming A Popular Skincare Ingredient. http://www.sciencebeautygal.com/tips-and-explainers/the-benefits-and-risks-of-using-snail-slime-products-on-your-face-and-skin-a-conclusive-guide. (Diakses pada 23 Juni 2022).
  4. Gugliandolo, Enrico., dkk. 2021. Protective Effect of Snail Secretion Filtrate Against Ethanol-Induced Gastric Ulcer in Mice. https://www.nature.com/articles/s41598-021-83170-8. (Diakses pada 23 Juni 2022).

DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi