Terbit: 23 January 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com- Kita tinggal di negara yang kaya akan sinar matahari. Meskipun hal ini bisa menguntungkan dalam banyak hal seperti bagi dunia pertanian atau kesehatan tubuh, paparan sinar matahari bisa memberikan kerugian bagi kecantikan. Hal ini disebabkan oleh kemampuan sinar matahari dalam membuat kulit kita menjadi lebih gelap dan kusam.

Jangan Keluar Ruangan di Jam-Jam Ini Agar Kulit Tidak Gelap

Bagi mereka yang tinggal di dalam ruangan seharian, mereka tentu tidak akan mengalami masalah kulit gelap. Namun, bagi mereka yang terbiasa beraktifitas di luar rumah, maka kulit akan mudah menjadi gelap dan kusam sehingga tentu akan membuat kecantikan semakin memudar. Hanya saja, terus berada di dalam ruangan tanpa terkena sinar matahari juga bisa memberikan kerugian tersendiri karena membuat kita tidak akan mendapatkan asupan vitamin D yang cukup.

Pakar kesehatan menyarankan kita untuk menikmati sinar matahari pagi atau sore yang cenderung hangat, tidak menyengat, dan baik bagi kesehatan. Namun, jika jam sudah menunjukkan pukul 10.00 sampai 15.00 sore, ada baiknya kita tidak sering-sering keluar rumah karena di saat inilah, sinar matahari sedang terik-teriknya dan bisa sangat menyengat. Jika kita sampai keluar tanpa perlindungan yang cukup seperti jaket, topi, tabir surya atau payung, bisa jadi kulit kita akan menjadi lebih gelap.

Tak hanya bisa mempengaruhi warna kulit, sinar matahari di jam-jam tersebut juga bisa membuat kita kelelahan dan mengalami dehidrasi sehingga sebaiknya kita selalu mencukupi kebutuhan air putih jika sampai keluar ruangan. Selain itu, gunakan kacamata hitam untuk menjaga kesehatan mata dari silaunya sinar matahari.


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi