Terbit: 1 Juni 2018 | Diperbarui: 7 Juni 2022
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com – Saat menjalankan puasa tubuh kulit akan terlihat kusam selama beberapa saat. Kulit di sekitar wajah, kaki, dan tangan juga kadang bersisik meski tidak terlalu parah.

Cara Menjaga Kulit agar Tetap Segar Selama Puasa

Gangguan pada kulit ini bisa terjadi karena tubuh sering mengalami dehidrasi. Akibatnya kelembapan dari kulit ikut menurun perlahan-lahan.

Selain membuat kulit jadi kering, puasa sebenarnya bermanfaat untuk kulit. Melakukan puasa secara rutin akan membuat kulit mengalami detoksifikasi. Gangguan seperti gatal dan jerawat bisa dihilangkan dengan mudah.

Nah, kalau Anda ingin mendapatkan manfaat dari puasa serta menjaga kulit agar tetap segar selama satu bulan, simak beberapa tips di bawah ini.

  1. Melakukan eksfoliasi

Saat sedang puasa dan kulit mengalami kekurangan cairan, sel mati akan terbentuk dengan masif. Sel mati inilah yang menyebabkan kulit jadi terlihat kusam dan saat disentuh terasa kasar.

Agar kulit kembali lembut seperti biasanya, lakukan eksfoliasi atau pengangkatan sel kulit yang sudah mati. Cara ini dilakukan dengan melalukan scrub pada kulit.

Anda bisa menggunakan scrub yang sudah banyak tersedia di pasaran atau menggunakan bahan-bahan alami seperti kopi. Eksfoliasi akan memaksa kulit kasar mengelupas dan berganti kulit yang lebih lembut.

Oh ya, karena cara ini dilakukan dengan menggesek kulit, jangan gunakan bahan scrub sembarangan ya. Bisa membahayakan kulit kalau sampai menggesek lapisan yang masih sehat.

  1. Minum 8 gelas air sehari

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, salah satu penyebab kulit kering adalah dehidrasi. Saat tubuh mulai kehilangan banyak cairan, kulit juga mulai mengalami penurunan kelembapan.

Kalau Anda tidak ingin memiliki kulit yang kusam, jangan lupa untuk minum setidaknya 8 gelas air setiap harinya saat puas. Minum saat sahur sebanyak 3 gelas dan sisanya bisa dibagi saat berbuka puasa dan sebelum tidur.

Air putih akan membuat tubuh jadi lebih segar dan kelembapan kulit terjaga dengan baik. Kondisi kering dan kusam bisa dicegah dengan baik.

  1. Jangan menggaruk kulit

Kulit yang kering cenderung gatal ketika terkena cahaya matahari. Rasa gatal ini kadang membuat kita tidak tahan dan akhirnya menggaruk kulit agar rasa gatal bisa hilang dengan cepat.

Aktivitas menggaruk ini sebenarnya dilarang. Kenapa? Karena kulit yang kering terkelupas dan iritasi atau infeksi bisa terjadi saat Anda menggaruknya terlalu kuat. Oleh karena itu Anda bisa mengompresnya dengan air dingin atau diberi krim anti gatal.

Bagaimana pun caranya jangan menggaruk kulit terlalu kuat. Kalau sampai kulit terluka, iritasi bisa terjadi dan kulit bisa saja cacat.

  1. Mencuci wajah dengan air yang terlalu panas

Beberapa orang menyarankan untuk membersihkan wajah kusam dengan air yang agak panas. Air ini akan membuat kulit mati selama puasa mengelupas dengan cepat dan akhirnya sel baru bisa terbentuk dengan sempurna.

Sebenarnya mencuci wajah dengan air yang agak panas sangat berbahaya. Bahkan ada kemungkinan membuat kulit jadi bengkak. Lebih baik menggunakan uap hangat untuk membantu kulit meremajakan diri.

  1. Menggunakan pelembap kulit

Saat ini krim yang bekerja untuk melembapkan kulit sudah banyak di pasaran. Anda bisa melembapkan kulit dengan mengeloskan krim pada bagian yang kasar dan kering.

Kalau Anda tidak memiliki krim ini gunakan saja minyak zaitun. Dengan minyak ini kelembapan kulit bisa terjaga dengan baik dan benar.

Dari lima cara mencegah kulit kasar dan kusam di atas, mana saja yang pernah Anda lakukan sebelumnya?


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi