Terbit: 9 Desember 2021
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: dr. Ursula Penny Putrikrislia

Memiliki kulit wajah bersih bersinar adalah dambaan setiap perempuan. Salah satu cara merawatnya adalah membersihkan wajah dengan cleansing balm. Fungsi cleansing balm untuk membersihkan wajah sekaligus menjaga kelembapannya.

8 Fungsi Cleansing Balm untuk Kulit Wajah Glowing

Apa Itu Cleansing Balm?

Pembersihan wajah adalah hal yang sangat penting dalam proses perawatan. Dengan membersihkan kulit secara paripurna, khasiat produk perawatan kulit berikutnya akan lebih mudah terserap.

Ada beberapa jenis pembersih wajah, termasuk facial wash, cleansing milk, cleansing water dan micellar water. Ada juga salah satu jenis pembersih yang memiliki fungsi ganda untuk melembabkan kulit sekaligus, yaitu cleansing balm.

Cleansing balm adalah sejenis pembersih wajah yang memiliki tekstur padat dan berbahan dasar minyak. Jenis pembersih ini mirip dengan cleansing oil, hanya saja teksturnya lebih keras seperti balsem.

Keunikannya adalah bahan dasarnya. Walau berbahan dasar minyak, cleansing balm boleh digunakan oleh pemilik kulit berminyak. Penggunaan cleansing balm teratur akan memberikan manfaat yang lebih banyak daripada pembersih biasa.

Fungsi Cleansing Balm untuk Perawatan Kulit

Fungsi cleansing balm tidak hanya membersihkan, melainkan sekaligus merawat wajah. Berikut penjabaran dari 8 manfaat cleansing balm untuk kulit wajah lebih bersih dan glowing:

1. Membersihkan Kulit secara Maksimal

Cleansing balm cocok bagi mereka yang suka memakai heavy makeup atau riasan tebal. Kemampuan pembersih ini jauh lebih bagus daripada makeup remover lainnya. Rahasianya terdapat pada kandungan minyak sebagai bahan utamanya, sehingga makeup lebih mudah terangkat.

Cleansing balm bahkan dapat digunakan untuk mengangkat makeup dan kotoran dari permukaan kulit mata yang sensitif. Cleansing balm bukan hanya membersihkan makeup. Tetapi juga sisa SPF, sebum (kelebihan minyak), debu, keringat, kotoran, dll.

2. Tidak Membuat Kulit Menjadi Kering

Cleansing balm juga sangat recommended untuk kulit kering karena pembersih ini tidak membuat kulit menjadi kering dan tegang. Pasalnya cleansing balm mengandung minyak yang akan melembapkan kulit tanpa menggumpal dan menyumbat pori-pori.

3. Aman untuk Semua Jenis Kulit

Kulit berminyak biasanya harus hati-hati dalam memakai produk berbahan dasar minyak. Namun kandungan minyak dalam cleansing balm bermanfaat mengangkat berbagai kotoran pada wajah termasuk sebum yang sering menyumbat pori.

Pembersih ini juga sangat mudah dibersihkan dengan air. Jadi penggunaannya juga aman bagi kulit berminyak.

Bagi kulit sensitif, cleansing balm juga relatif aman karena sangat sedikit kandungan zat kimianya. Namun karena kulit sensitif sangat tipis, sebaiknya konsultasikan dahulu ke dokter kulit sebelum memilih produk ini.

Bagi kulit kering penggunaan cleansing balm sangat disarankan. Pembersih ini akan menghindarkan kulit kering dari rasa tegang, tertarik, dan bahkan bersisik. Efek tersebut sering terjadi setelah menggunakan pembersih biasa.

4. Mengurangi Pemakaian Kapas

Pembersih ini ramah lingkungan karena bisa menghemat pemakaian kapas. Cukup dengan mengoleskannya pada wajah dengan menggunakan tangan kemudian bilas dengan waslap dan air, sangat praktis.

Secara tidak langsung metode pemakaian ini juga akan mengurangi limbah kapas. Sehingga pengguna dapat menjaga kebersihan wajah sembari ikut menjaga kelestarian lingkungan.

5. Dapat Mencegah Penuaan Dini

Kandungan vitamin C, asam amino, dan antioksidan di dalam cleansing balm dapat membantu pembentukan kolagen pada kulit. Sehingga akhirnya dapat menunda penuaan dini.

6. Praktis Dibawa Kemana Saja

Produk perawatan ini bisa terbilang sangat praktis untuk berada dalam kotak skincare maupun untuk dibawa bepergian.

Teksturnya yang sedikit padat tidak mudah tumpah. Bentuknya yang mungil juga sangat mudah membawanya ke mana-mana.

7. Skincare Multifungsi

Produk ini juga sangat multifungsi dalam penggunaannya. Fungsi cleansing balm tidak hanya membersihkan dan melembapkan kulit, tetapi juga dapat digunakan sebagai masker.

Caranya adalah dengan mengoleskan produk ini pada wajah secara merata. Lalu biarkan selama 20 menit, baru bilas dengan air hingga bersih.

8. Ringkas dan Hemat

Salah satu keunggulan cleansing balm adalah pemakainya tidak perlu menggunakan double cleansing lagi. Bahkan pada kulit normal tidak diperlukan lagi toner untuk melembabkan kulit. Karena cleansing balm tidak mengeringkan kulit sama sekali. Hemat dan ringkas sekali, bukan?

Cara Menggunakan Cleansing Balm

Kunci pemakaian cleansing balm adalah pengaplikasiannya menggunakan tangan yang kering ke wajah yang kering. Berbeda dengan produk lain, saat wajah basah cleansing balm justru tidak berfungsi sempurna.

Bagi para pengguna pemula, berikut adalah langkah-langkah memakainya:

  • Cuci tangan terlebih dahulu dengan sabun dan air untuk mencegah perpindahan bakteri dari tangan ke wajah. Lalu keringkan tangan.
  • Ambil sedikit cleansing balm lalu hangatkan di antara jemari.
  • Ketika produk mulai mencair, oleskan ke seluruh permukaan wajah sambil dipijat lembut.
  • Lakukan pemijatan selama 30 detik hingga 2 menit dengan gerakan memutar ke seluruh wajah.
  • Untuk daerah mata, pijat ringan hingga makeup luntur.
  • Basahi waslap dengan air hangat dan peras. Lalu letakkan di atas wajah selama 1 menit agar kehangatannya membuka pori-pori kulit.
  • Setelah itu gunakan kain tersebut untuk menyeka sisa pembersih dengan sapuan lembut. Usap hingga wajah terlihat bersih dari make up dan kotoran lainnya.
  • Untuk kulit yang berminyak atau memiliki masalah jerawat, lakukan double cleansing dengan produk berbasis air.

Fungsi cleansing balm yang membersihkan sekaligus merawat kulit menjadikannya patut dicoba sebagai alternatif pembersih wajah. Kulit wajah yang bersih terawat tentu akan lebih sehat dan glowing.

 

  1. Day, Grace. 2020. What Is A Cleansing Balm, And How Do You Use It? https://www.beautybay.com/edited/how-to-use-cleansing-balm/. (Diakses pada 01 Desember 2021).
  2. Pure Fiji. 2021. Cleansing Balm 101: What Is It and How to Use It. https://www.purefiji.com/blog/cleansing-balm-guide/. (Diakses pada 01 Desember 2021).
  3. Rothschild, Colleen. 2016. How to Use a Cleansing Balm. https://colleenrothschild.com/blogs/posts/119391235-how-to-use-a-cleansing-balm. (Diakses pada 01 Desember 2021).


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi