Terbit: 11 Oktober 2021
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

Warna kehitaman di sudut bibir adalah masalah yang sering dialami oleh beberapa orang. Warna bibir yang tidak merata bisa menyebabkan rasa kurang percaya diri dengan penampilan. Ketahui penyebab kehitaman di sudut bibir dan bagaimana cara menghilangkan hitam di pinggir bibir dengan cepat dan alami.

15 Cara Alami Menghilangkan Hitam di Pinggir Bibir dengan Cepat

Penyebab Kehitaman di Sudut Bibir

Bibir yang menghitam di kedua sudut biasanya disebabkan oleh hiperpigmentasi. Hiperpigmentasi muncul karena kadar melanin yang berlebihan di permukaan kulit, namun kondisi ini tidak berbahaya. Sementara itu, penyebab hiperpigmentasi di area sudut bibir adalah:

  • Paparan berlebihan pada matahari.
  • Kurangnya hidrasi.
  • Kebiasaan merokok.
  • Reaksi alergi; misalnya karena pasta gigi, lipstik, dll.
  • Terlalu banyak mengkonsumsi kafein.
  • Kemoterapi.
  • Anemia.
  • Kekurangan vitamin.
  • Konsumsi obat-obatan tertentu.

Cara Menghilangkan Hitam di Bibir Permanen dan Alami

Kamu bisa menutupi sudut bibir yang hitam dengan menggunakan riasan. Namun, area yang hitam ini juga bisa dihilangkan dengan bahan-bahan yang alami dan aman, lho. Ini cara yang bisa kamu lakukan sendiri di rumah!

1. Lemon dan gula

Penelitian menunjukkan bahwa buah-buahan yang termasuk ke dalam golongan citrus adalah penghambat melanin yang baik, termasuk lemon. Setiap malam sebelum tidur, iris buah lemon secukupnya, lalu celupkan ke dalam gula. Gosokkan lemon dan gula ke bibir dengan lembut selama 1-2 menit. Biarkan selama semalam, bilas di pagi hari dengan air hangat.

2. Lemon dan madu

Lemon mengandung banyak vitamin C telah lama dikenal sebagai bahan alami yang dapat mencerahkan kulit. Mengkombinasikan lemon dengan madu yang bernutrisi untuk kulit menjadikan keduanya bahan alami yang efektif untuk menghilangkan pigmentasi kulit.

Siapkan 1 buah lemon, ambil sarinya saja. Tambahkan madu secukupnya hingga membentuk tekstur yang kental, oleskan ke sudut bibir yang hitam. Tunggu selama 15-20 menit, lalu bilas hingga bersih.

3. Jeruk nipis

Jeruk nipis termasuk golongan buah citrus yang mengandung properti penghambat melanin. Untuk menghilangkan hitam di bibir, siapkan mangkuk lalu campurkan 1 ½ sendok teh sari jeruk nipis dan 1 sendok teh madu. Aduk rata lalu oleskan ke sudut bibir sebelum tidur. Bilas keesokan harinya.

4. Kunyit

Sebuah penelitian membuktikan bahwa kunyit memiliki kandungan penghambat melanin. Campurkan 1 sendok makan susu dengan bubuk kunyit secukupnya untuk membuat pasta. Oleskan ke sudut bibir menggunakan ujung jari yang basah, diamkan selama 5 menit. Bilas dengan air dingin, keringkan, kemudian beri moisturizer untuk mengembalikan kelembaban bibir.

5. Lidah buaya

Lidah buaya dikenal memiliki banyak manfaat untuk kecantikan kulit. Kandungan alami di dalam lidah buaya terbukti mampu menghambat produksi melanin pada kulit. Oleskan gel lidah buaya tipis-tipis ke bibir setiap hari, tunggu sejenak hingga kering. Kemudian bilas menggunakan air hangat.

6. Minyak kelapa

Kurangnya kelembaban juga dapat menyebabkan bibir menghitam. Minyak kelapa bekerja sebagai pelembap alami bibir yang juga dapat mengembalikan warna alami bibir yang kemerahan.

Caranya adalah dengan mengoleskan minyak kelapa tipis-tipis ke seluruh bibir tanpa perlu dibilas. Kamu bisa mengulanginya selama beberapa kali sehari.

7. Air mawar dan madu

Air mawar bernutrisi untuk merawat kulit kering di sekitar bibir yang dapat memicu hiperpigmentasi. Campurkan air mawar dan madu secukupnya, lalu oleskan ke bibir sebanyak 4 kali sehari, termasuk di malam hari sebelum tidur.

8. Minyak zaitun

Fungsi utama minyak zaitun adalah melembabkan kulit dan menjaga kulit tetap sehat. Selain itu, minyak zaitun juga memiliki tekstur yang ringan sehingga bibir tidak akan terasa tebal.

Setiap malam sebelum tidur, oleskan minyak zaitun ke seluruh bibir secukupnya. Biarkan selama semalam lalu bilas keesokan harinya.

9. Jus mentimun

Mentimun memiliki kandungan vitamin C di dalamnya, yang cukup ampuh untuk mengatasi bibir hitam. Selain itu, mentimun juga bisa meningkatkan produksi kolagen oleh kulit.

Cara menghilangkan hitam di bibir dengan mentimun sangat mudah. Potong mentimun secukupnya, kemudian blender hingga halus. Dinginkan jus mentimun di dalam kulkas, lalu celupkan kapas untuk mengaplikasikan jus ke area bibir. Diamkan selama 30 menit sebelum dibilas dengan air dingin.

10. Minyak almond

Minyak almond memiliki kandungan nutrisi yang sangat baik untuk bibir. Antara lain membuat bibir terasa lebih lembut dan mengembalikan warna merah muda alami bibir. Oleskan setetes minyak almond ke seluruh bibir setiap malam sebelum tidur, lalu biarkan semalaman. Ulangi cara ini setiap hari untuk menghilangkan warna hitam di bibir.

Baca Juga: Warna Bibir dan Kaitannya Dengan Kesehatan Anda

11. Kentang

Kentang mengandung bahan pencerah alami yang membantu mencegah munculnya kehitaman pada kulit, termasuk kulit bibir. Siapkan 1 buah kentang, lalu kupas kulitnya. Parut atau blender kentang, ambil airnya saja dan oleskan ke area bibir yang hitam. Diamkan selama 10 menit sebelum dibilas hingga bersih.

12. Oatmeal

Cara menghilangkan bibir hitam dengan cepat berikutnya adalah dengan menggunakan oatmeal. Oatmeal mengandung properti antioksidan dan anti-inflamasi yang sangat efektif untuk mengurangi pigmentasi kulit.

Campurkan 1 sendok teh oatmeal halus dengan sedikit air hingga menjadi pasta. Aplikasikan ke sudut bibir, kemudian diamkan selama 10-15 menit. Saat oatmeal mengering, basahi area sudut bibir sedikit lalu scrub dengan lembut dan perlahan. Lakukan eksfoliasi alami ini sebanyak 2 kali seminggu.

13. Bubuk kacang hijau

Bubuk kacang hijau tidak hanya bisa menjadi makanan yang bernutrisi untuk kesehatan, tetapi untuk kecantikan kulit juga. Bahan alami ini dapat mengurangi pelepasan melanin ke permukaan kulit, sehingga pigmentasi dapat dicegah.

Siapkan 1-2 sendok teh bubuk kacang hijau, campur dengan susu secukupnya hingga membentuk pasta. Oleskan pada area bibir yang gelap kemudian diamkan selama 15-20 menit. Lakukan seminggu sekali untuk mendapatkan hasil terbaik.

14. Gula

Gula adalah bahan alami yang banyak digunakan untuk eksfoliasi atau mengangkat sel-sel kulit yang mati. Anda bisa membuat scrub bibir alami hanya dengan mencampurkan gula dan madu secukupnya. Oleskan ke seluruh bibir sambil dipijat lembut dengan gerakan memutar. Madu juga bisa digantikan dengan minyak zaitun atau minyak almond. Lakukan eksfoliasi alami ini dua kali seminggu.

15. Stroberi

Dengan kandungan vitamin C yang cukup tinggi, tidak heran stroberi juga ampuh untuk menghilangkan kehitaman di bibir. Haluskan ½ buah stroberi dengan baking soda secukupnya hingga menjadi pasta. Oleskan dan pijat lembut pada kulit bibir, kemudian diamkan selama 3-5 menit sampai kering. Lalu bilas bibir dengan air hangat.

Baca Juga: 15 Cara Mengatasi Bibir Kering (Mudah dan Efektif)

Perawatan Medis Untuk Menghilangkan Hitam di Bibir

Selain dengan menggunakan bahan alami, cara menghilangkan hitam di bibir permanen dapat dilakukan melalui perawatan medis seperti:

  • Retinol dan hydroquinone yang diresepkan oleh dokter.
  • Azelaic acid untuk mengurangi inflamasi dan penggelapan bibir.
  • Kojic acid untuk bintik hitam dan melasma.
  • Terapi laser untuk menghilangkan hitam di bibir.
  • Peeling kimia untuk eksfoliasi kulit dan mengurangi pigmentasi.

Itu dia berbagai cara menghilangkan hitam di pinggir bibir permanen, baik menggunakan bahan alami atau tindakan medis. Agar warna bibir tidak semakin hitam, biasakan untuk menggunakan lip balm setiap hari, kemudian kurangi penggunaan lipstik dengan tekstur yang berat.

Selain itu, silakan konsultasi dengan dokter kulit untuk perawatan secara medis dengan hasil yang lebih maksimal agar kulit bibir menjadi sehat dan terlihat segar memesona.

 

  1. Cherney, Kristeen. 2020.  What Causes Discoloration Around the Mouth, and How to Treat It. https://www.healthline.com/health/hyperpigmentation-around-mouth#causes. (Diakses pada 09 Oktober 2021).
  2. Frothingham, Scott. 2018. 16 Ways to Lighten Dark Lips. https://www.healthline.com/health/dark-lips. (Diakses pada 09 Oktober 2021).
  3. Khanna, Kanak. 2020. 6 Natural Remedies To Treat Pigmentation Around Mouth. https://www.femina.in/beauty/skin/6-ways-to-naturally-treat-pigmentation-around-mouth-180258.html. (Diakses pada 09 Oktober 2021).


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi