Terbit: 1 Maret 2018 | Diperbarui: 25 April 2022
Ditulis oleh: Muhamad Nuramdani | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com- Kesal ya kalau wajah jerawatan. Jerawat tentu tidak hanya menyerang remaja. Mungkin Anda berpikir bahwa setelah menginjak usia dewasa, jerawat tidak akan menyerang lagi.Namun kenyataanya, jerawat benar-benar tidak akan pergi sepenuhnya ketika sudah dewasa.

8 Tips Mengusir Jerawat Membandel di Usia Dewasa

Jadi, mengapa jerawat masih muncul saat dewasa? Jerawat adalah sesuatu yang terjadi karena perubahan hormon selama masa pubertas dan usia dewasa.

Ada banyak penyebab jerawat di usia dewasa. Penyebabnya bisa berkisar dari perubahan hormon. Perubahan hormonal bulanan menentukan siklus haid wanita, bisa menyebabkan bengkak dan nyeri di kulit.

Kondisi seperti stres dan polusi juga memperburuk keadaan kulit. Setiap orang yang bekerja menderita stres dalam jumlah besar. Stres melepaskan hormon yang disebut kortisol yang berfungsi membantu tubuh melawan stres. Sayangnya, perubahan hormonal ini bisa menyebabkan jerawat tiba-tiba bermunculan.

Faktor lain yang menyebabkan jerawat pada orang dewasa adalah polusi udara. Tingkat polusi di kota meningkat. Hal ini membuat banyak kotoran dan debu menempel di wajah bahkan jika Anda berjalan-jalan di sekitar kota hanya dalam waktu satu jam. Kotoran masuk ke pori-pori yang mungkin sudah terbuka dan terus menyebabkan jerawat.

Penyebab lainnya bisa berhubungan dengan produk yang Anda gunakan, atau bahkan diet Anda.

Berikut adalah beberapa tips untuk mengatasi jerawat di usia dewasa, seperti melansir Bold Sky.

doktersehat-obat-minyak-ikan

1. Pilih Produk Perawatan Kulit yang Tepat
Ada beragam produk perawatan kulit yang mengklaim bisa menyembuhkan jerawat. Namun, mungkin saja justru membuat jerawat Anda semakin parah. Hindari mencoba produk sembarangan.  Jadi, selalu baca daftar bahan sebelum membeli dan menggunakan produk baru, baik itu pembersih, pelembap atau perawatan kulit. Carilah produk  berbahan aman seperti asam salisilat, asam glikolat dan AHA lainnya (asam alfa-hidroksi).

doktersehat-cuci-muka-jerawat-obat-kumur-mouthwash

2. Jaga Kebersihan Kulit dengan Perawatan
Lakukan perawatan kulit dari merek terpercaya. Jerawat bisa menyerang kapan saja dan terkadang sulit untuk menentukan penyebabnya.

Bagaimana jika Anda ada rencana acara penting tapi tiba-tiba muncul jerawat? Karena itu, penting sekali untuk menjaga perawatan kulit. Ada produk yang membantu mengeringkan permukaan kulit sementara dan  mengatasi bakteri penyebab jerawat. Produk ini berguna untuk perawatan darurat, tapi mungkin jerawat akan kembali lagi karena bakteri masih ada di bawah permukaan kulit.

masker-lumpur-doktersehat

Source: My Organic Zone

3. Masker Lumpur
Untuk orang dewasa berjerawat, masker tanah liat bisa menjadi salah satu solusi terbaik. Anda bisa mencoba masker tanah liat dengan arang atau teh hijau. Masker arang berguna untuk membersihkan kulit, mengusir jerawat dan komedo yang membandel. Untuk kulit yang memiliki kelebihan produksi sebum dengan jerawat sedang, Anda bisa mencari masker dengan campuran tanah liat dan teh hijau. Tanah liat diketahui bisa membantu menyerap minyak berlebih di kulit dan mengurangi peradangan yang disebabkan jerawat.

doktersehat-pria-jerawat-muka-wajah-karbunkel-bisul-besar

4. Jangan Memencet Jerawat
Jangan mencoba memencet atau jerawat Anda sendiri. Melakukan hal ini bisa membuat jerawat semakin parah. Apalagi jika ada nanah keluar dari lubang jerawat sehingga menyebabkan pembengkakan. Efek lain dari memencet jerawat adalah menyebabkan bekas luka. Jadi, biarkan jerawat sembuh sendiri.

minyak-esensial-doktersehat

Photo Credit: flickr.com

5. Gunakan Minyak Tea Tree
Minyak tea tree atau pohon teh adalah salah satu obat terbaik untuk jerawat. Minyak ini terasa lembut di kulit dan bekerja cukup cepat. Dengan menggunakan minyak pohon teh di area kulit berjerawat selama seminggu, diharapkan dapat  membunuh bakteri dan memastikan tidak ada bekas luka.

doktersehat-konsultasi-lupus-nyeri-lutut

6. Konsultasi dengan dokter 
Terkadang, perawatan alami tidak cukup. Anda mungkin perlu  ke dokter kulit. bila Anda tak peduli dengan masalah ini, bisa jadi jerawat semakin banyak.  Yang lebih parah lagi, pembengkakan dan radang yang terjadi  sering bisa menyakitkan. Dokter akan memberi tahu apa yang harus Anda lakukan dan dapat membantu mencari tahu obat untuk Anda.

doktersehat-wanita-lelah-anemia-kerja-kantor-depresi-jantung-Amiloidosis

7. Sering Kelelahan
Pengelupasan kulit membantu menyingkirkan sel kulit mati pada permukaan kulit. Sangat penting untuk menyingkirkan lapisan atas kulit dan memberi jalan pada sel kulit baru untuk berkembang. Anda tidak perlu menggunakan scrub abrasif dengan butiran di dalamnya untuk ini.

doktersehat-wanita-cantik-muka-wajah-make-up-cuci-sunblock

Anda bisa menggunakan pelembab kulit yang mengandung asam glikolat atau asam laktat. Jika kulit Anda sering mengelupas, sebaiknya Anda beralih ke produk yang lebih lembut. Ingatlah untuk menggunakan toner setelah pengelupasan kulit, untuk menutup pori-pori yang terbuka.

doktersehat-minyak-ikan-sehat-nutrisi-vitamin-fish-cod

8. Coba Produk Berbasis Retinol
Retinol adalah sejenis vitamin A yang ditemukan pada produk anti penuaan. Produk ini mengupas lapisan atas kulit. Manfaat lainnya adalah bisa mengeringkan kulit sehingga bagus untuk mengobati jerawat. Retinol juga membantu mengatasi hiperpigmentasi dan bekas luka.

Nah, semoga tips ini membantu mengatasi masalah jerawat yang Anda alami.


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi