Terbit: 21 Januari 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Kementerian Perdagangan Republik Indonesia baru-baru ini mengemukakan tips untuk menjaga cabai tetap dalam kondisi segar meski disimpan selama satu bulan. Bagaimanakah tips tersebut?

Tips Agar Cabai Bisa Tetap Segar Meski Disimpan Sebulan

Melalui akun Twitter resminya @Kemendag, disebutkan bahwa cara pertama yang perlu dilakukan untuk menjaga kesegaran cabai adalah dengan memisahkan cabai dari tangkainya. Setelahnya, cabai disimpan di dalam wadah yang sudah dilapisi dengan alas tisu. Setelahnya, kita tinggal memasukkan sesiung bawang putih yang telah dikupas di dalam tumpukan cabai di dalam wadah tersebut. Kemudian, wadah cabai ditutup rapat dan disimpan di dalam kulkas.

Akun Twitter @maskaki yang mencoba tips ini mengaku cabai yang Ia simpan lebih tahan lama. Bahkan, hingga seminggu, bentuk cabai masih segar layaknya saat baru dibeli. Selain itu, akun Twitter lainnya, yakni @nuranwibisono juga menyebutkan bahwa sebelum mendapatkan tips ini dari Kemendag, Ia sudah pernah membacanya di sebuah forum kuliner. Setelah dicoba, kualitas cabai rawit yang Ia simpan bahkan masih dalam kondisi bagus meski sudah lewat satu bulan.

Cabai adalah salah satu bahan makanan yang hampir selalu ditemukan di dapur-dapur masyarakat Indonesia. Hal ini disebabkan oleh kuliner kita yang hampir selalu memakai cabai, khususnya untuk dijadikan sambal yang bisa membuat makanan menjadi lebih pedas dan mantap. Meskipun bisa membuat kita kepanasan dan kepadasan saat mengkonsumsinya, pakar kesehatan menyebut cabai bisa memberikan manfaat kesehatan luar biasa bagi kesehatan.

Salah satu penelitian yang membuktikan bahwa cabai sangat baik bagi kesehatan dilakukan di Harvard’s T.H. Chan School of Public Health dan Chinese Academy of Medical Sciences. Dalam penelitian ini, disebutkan bahwa cabai kaya akan antioksidan dan bersifat anti peradangan dan anti kanker. Bahkan, cabai bisa menyehatkan microbiota di dalam usus. Dengan rutin mengkonsumsinya, maka kita pun akan mencegah datangnya penyakit seperti diabetes, penyakit jantung, serta obesitas.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi