Terbit: 5 Maret 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Berapa banyak anda mengonsumsi gula setiap hari? Asupan gula yang berlebihan ternyata dapat menyebabkan kadar gula darah meningkat dan mencetuskan berbagai penyakit. Namun jika kita sudah terbiasa mengonsumsi banyak gula, maka untuk menguranginya tentu memerlukan suatu proses.

Tips Agar Asupan Gula Tidak Berlebihan

Biasanya ada cukup banyak cara yang kita lakukan untuk mengurangi asupan gula, misalnya dengan mengurangi atau bahkan menghilangkan porsi makanan manis. Namun ternyata kita juga tetap bisa merasakan manis asalkan kita memilihnya dengan tepat.

Menurut Kelly Pritchett, dietetitan dari Academy of Nutrition and Dietetics, beberapa proses yang dapat dilakukan untuk mengurangi asupan gula adalah mengganti jenis gula yang kita konsumsi. Ada cukup banyak jenis gula tersembunyi yang ada pada produk makanan. Gula tersembunyi tersebut umumnya tidak kita sadari ada pada bahan makanan. Maka dari itu selain dari mengurangi asupan makanan manis kita juga perlu memilih jenia gula dengan tepat.

Kelly Pritchett menganjurkan agar mengganti gula pada makanan dengan memberi buah. Hal ini dapat dilakukan dengan menambahkan buah pada adonan kue atau roti sebagai pengganti gula.Buah juga memiliki kandungan gula sehingga dapat menambahkan rasa manis pada makanan.Beberapa buah yang cukup umum dicampurkan pada makanan adalah pisang atau apel.

Jika kita membuat produk dengan resep makanan sendiri, maka asupan gula juga bisa diatur. Misalnya pada roti atau puding yang menggunakan gula, kita dianjurkan untuk hanya memberikan separuh saja porsi gula dari resep yang dianjurkan.

Selain dari makanan, pembatasan asupan gula juga dapat dilakukan pada minuman. Kita dianjurkan untuk meminum air putih, teh tanpa pemanis, atau air lemon dibandingkan dengan minuman manis seperti minuman bersoda.

Beberapa cara diatas dapat kita coba untuk mengurangi asupan gula agar tidak berlebihan. Mengurangi asupan gula memang tidak mudah, namun kita bisa mulai mencobanya dengan menerapkan tips diatas.


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi