Terbit: 7 Maret 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Malaria ternyata tidak hanya membuat seseorang mengalami gejala seperti demam yan parah. Apa yang dialami oleh Shelley Hill dari New South Wales, Australia jauh lebih parah dari sekadar demam.

Terkena Malaria, Wanita ini Harus Kehilangan Tangan dan Jari Kaki

Wanita yang baru saja pulang dari Kamboja setelah seminggu menjadi sukarelawan di tempat perlindungan gajah ini justru harus merelakan tangan dan jari kakinya. Bagaimana hal ini bisa terjadi?

Photo Source: abc.net.au

Dikutip dari Liputan6.com, empat hari setelah pulang ke rumah, Shelley dilarikan ke The Tweed Hospital karena terkena malaria. Mel Wilson, teman Shelley sempat menduga rekannya terkena giardiasis, infeksi usus halus yang dipicu oleh parasite giardia lamblia. Namun, kondisinya terus memburuk hingga sempat mengalami koma selama lima hari.

Shelley ternyata menderita sejenis malaria yang sangat langka dengan risiko kematian mencapai 50 persen. Ia pun mengalami kegagalan organ sehingga akan dipindahkan ke John Flynn Private Hospital yang ada di Gold Coast.

Para ahli bedah berencana akan mengoperasi tangan dan kakinya karena mengalami nekrosis, atau kematian sel pada jaringan tubuh. Dalam operasi yang dijadwalkan akan dilakukan Jumat depan ini, 10 jari kaki dan kedua tangan Shelley akan diamputasi.

Apa yang terjadi pada Shelley disebabkan oleh saran dokter yang keliru. Sebelum berangkat ke Kamboja, dokternya menyarankannya tidak perlu minum obat anti malaria karena masih di musim kemarau.

Sang dokter beranggapan jika malaria hanya menyerang di musim hujan. Padahal, malaria bisa menyerang kapan saja tanpa mengenal musim.

Apa yang dialami oleh Shelley sangatlah ironis mengingat kunjungannya ke Kamboja sebenarnya adalah wujud dari impiannya sejak lama, yakni ingin merawat gajah.

Shelley memang jatuh cinta pada hewan berbelalai panjang ini dan sangat ingin memiliki pengalaman untuk berada dekat dengan hewan tersebut. Saat uangnya sudah terkumpul, Shelley pun ikut ambil bagian di Proyek Lembah Gajah yang berlokasi di Molundiki, Kamboja Timur, area yang memang dikenal bisa membuat seseorang terkena malaria.

Kalau Sobat sehat sendiri pernah mendapatkan vaksin anti malaria belum?


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi