Terbit: 3 Maret 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Meskipun memiliki rasa dan aroma yang luar biasa, cukup banyak orang yang ternyata memilih untuk tidak makan durian. Biasanya, alasan utama untuk menghindari raja dari buah-buahan ini adalah karena khawatir bisa meningkatkan kolesterol tubuh. Sebenarnya, apakah memang durian bisa memberikan dampak ini?

Takut Makan Durian Karena Khawatir Kolesterol? Begini Faktanya

Pakar kesehatan dr. Diana Suganda yang berasal dari Rumah Sakit Pondok Indah menyebutkan bahwa di dalam 100 gram daging buah durian, kita bisa menemukan 147 kalori, 5,33 gram lemak, 1,47 gram protein, 27 gram karbohidrat, namun sama sekali tidak ditemukan kolesterol. Selain itu, durian juga kaya akan nutrisi menyehatkan seperti vitamin B, vitamin C, potassium, asam folat, asam pantonenat, asam tritofan, thiamine, ribloflavin, niacin, dan nutrisi baik lainnya. Bahkan, mengonsumsi 100 gram durian saja disebut-sebut sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan vitamin C harian bagi orang dewasa.

Hanya saja, ada baiknya memang kita tidak mengonsumsi durian dengan berlebihan karena tingginya kadar kalori dalam buah tersebut. Jika kita sampai makan terlalu banyak, maka kalori yang kita konsumsi bisa berlebihan dan akhirnya menyebabkan kenaikan berat badan. Selain itu, jika kita memiliki masalah gastritis, ada baiknya tidak mengonsumsi durian karena saat mencapai lambung, daging buah durian akan difermentasi dan bisa menghasilkan kadar alkohol yang tentu bisa membuat rasa tidak nyaman pada perut.

Melihat adanya fakta ini, kita tidak perlu khawatir tentang mitos bahwa durian mampu menyebabkan masalah kolesterol. Justru, penderita maag atau mereka yang sedang dalam program diet yang sebaiknya tidak sembarangan dalam mengonsumsi buah durian ini.


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi