Terbit: 11 Maret 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Anda sedang merasa bad mood hari ini? Perasan atau mood kita ternyata bisa dipengaruhi oleh asupan zat gizi yang tidak terpenuhi dari makanan. Apa sajakah itu?

Sedang Bad Mood? Bisa Jadi Anda Kekurangan  4 Zat Gizi Ini

Kekurangan vitamin dan mineral yang vital untuk tubuh ternyata akan memengaruhi perasaan kita. Hal ini berkaitan dengan tidak terdukungnya performa tubuh akibat kebutuhan fungsi tubuh dan organ tidak tercukupi. Kondisi tersebut secara tidak langsung akan memengaruhi perasaan kita.

Menurut British Dietitian Association, ada 4 jenis zat gizi yang dapat memengaruhi perasaaan kita, yaitu:

  1. Zat besi
  2. Anda pernah mendengar istilah 5L? Lemah, lelah, letih, lesu, lunglai adalah akibat dari kekurangan zat gizi yaitu zat besi. Hal ini umumnya kita anggap hanya kerap terjadi pada wanita saja, padahal semua orang dapat mengalami 5L jika asupan zat besinya tidak tercukupi. Kondisi tersebut tentu akan memengaruhi perasaan kita menjadi tidak bersemangat dalam melakukan aktivitas karena tubuh sudah tidak memiliki performa yang baik.
    Untuk itu kita harus mengonsumsi bahan makanan yang kaya gizi seperti daging merah, ikan, kacang-kacangan dan sereal yang terfortifikasi.

  3. Vitamin B
  4. Kekurangan vitamin B (Vitamin B1, B3 dan B12) dapat menyebabkan kita merasa lelah, malas dan bahkan timbul perasan depresi. Hal tersebut tentu sangat berpengaruh dengan perasan kita. Sehingga kita sebaiknya memenuhi kebutuhan vitamin B dengan mengonsumsi makanan berprotein hewani seperti telur, daging dan ikan setiap hari sesuai dengan porsi kebutuhan tubuh kita.

  5. Asam folat
  6. Asam folat yang tidak tercukupi dapat memengaruhi timbulnya perasaan depresi, terutama pada lansia. Untuk mencegah hal tersebut terjadi selalu penuhi asupan zat besi dari makanan dengan mengonsumsi sayuran hijau, hati dan beberapa produk yang terfortifikasi (mendaatkan penambahan zat gizi) asam folat.

  7. Selenium
  8. Kekurangan selenium disebut mampu meningkatkan perasaan negatif pada diri kita. Hal ini dapat dihindari dengan memenuhi kebutuhan selenium dari makanan seperti kacang-kacangan, daging dan ikan.

Jadi, jika anda merasa bad mood, coba di cek, apakah kebutuhan zat gizi diatas sudah tercukupi untuk tubuh Anda?


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi