Terbit: 4 Oktober 2021
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

Saat musim hujan tiba, udara pasti menjadi semakin dingin. Secangkir minuman herbal yang hangat dapat menjaga daya tahan tubuh dan membuat tubuh menjadi lebih hangat. Ini dia minuman herbal untuk menghangatkan tubuh saat musim hujan tiba.

10 Minuman Herbal untuk Menghangatkan Tubuh

Minuman Herbal untuk Menghangatkan Tubuh

Minuman herbal memiliki banyak khasiat kesehatan. Selain itu, minuman herbal juga bisa dibuat sendiri dengan mudah. Ini dia minuman herbal yang bisa Anda minum untuk menghangatkan tubuh:

1. Wedang Jahe

Bicara soal minuman herbal yang menghangatkan tubuh, wedang jahe layak masuk ke jajaran utama. Jahe sangat mudah ditemukan dan cara membuatnya juga tidak sulit. Cukup seduh jahe dengan air panas, lalu tambahkan gula atau madu sebagai pemanis. Wedang jahe merupakan minuman sederhana yang bisa memberikan rasa hangat hingga ke seluruh tubuh.

3. Teh Herbal

Jenis teh herbal sangat banyak, bahkan hampir tidak terbatas. Setiap teh herbal memiliki manfaat tersendiri. Yang termasuk ke dalam teh herbal antara lain adalah teh chamomile, teh jahe, teh hijau, teh sereh, dan masih banyak lagi. Teh herbal bisa dikonsumsi setiap hari untuk menggantikan teh hitam.

3. Wedang Ronde

Wedang ronde pada dasarnya adalah wedang jahe yang ditambah dengan berbagai isian seperti beras ketan, remahan kacang tanah, dan gula pasir. Ronde yang terbuat dari beras ketan memiliki tekstur yang kenyal seperti kue mochi.

Perpaduan rasa wedang ronde sangat lengkap mulai dari manis, pedas, hingga gurih. Cocok untuk disantap di kala hujan agar tubuh terasa lebih hangat.

4. Susu Kunyit

Susu kunyit juga dikenal dengan nama golden milk. Minuman ini punya banyak manfaat kesehatan untuk tubuh. Kunyit kaya akan antioksidan, anti inflamasi, dan properti antivirus. Susu kunyit sangat bermanfaat untuk penderita diabetes, baik untuk kesehatan jantung, tulang, kulit, dan masih banyak lagi.

5. Wedang Uwuh

Sebutan lain bagi wedang uwuh adalah wedang sampah. Ini karena berbagai macam rempah-rempah dimasukkan menjadi satu ke dalamnya hingga menyerupai sampah. Karena mengandung banyak rempah-rempah, wedang uwuh punya khasiat yang tinggi bagi kesehatan. Aroma rempah yang kuat memberikan efek relaksasi yang menenangkan dan salah satu minuman herbal untuk menghangatkan tubuh.

6. Air Lemon Hangat

Sebagai salah satu jenis citrus, lemon kaya akan vitamin C yang membantu memperkuat sistem imun dan menyehatkan kulit. Menyeduh sari lemon dengan air hangat dapat menurunkan risiko penyakit jantung dan menghilangkan racun dari dalam tubuh. Minum air lemon hangat di pagi hari saat perut kosong juga dapat menyehatkan tubuh.

7. Wedang Kayu Manis

Kayu manis adalah rempah-rempah yang banyak digunakan untuk menambah citarasa pada makanan dan minuman. Kayu manis kaya akan properti antioksidan dan anti inflamasi, sehingga sangat baik untuk kesehatan jantung dan membantu menetralkan gula darah. Wedang kayu manis bisa ditambah dengan susu untuk menambah khasiat kesehatannya.

8. Chai Tea

Chai tea adalah teh yang terbuat dari berbagai macam rempah dengan banyak manfaat kesehatan. Minuman herbal ini berasal dari India dan terkenal hingga ke seluruh dunia. Chai tea memiliki kombinasi rasa creamy, manis, dan pedas khas rempah-rempah. Ini adalah minuman yang cocok untuk cuaca dingin di musim hujan.

9. Cuka Apel Kayu Manis

Minuman herbal berikutnya yang bisa menghangatkan tubuh adalah cuka apel hangat dengan kayu manis. Cuka apel dikenal punya banyak manfaat kesehatan seperti mengatur kadar gula darah, menurunkan tekanan darah, hingga membantu menurunkan berat badan. Ditambah dengan kayu manis, rasa minuman ini sangat menyegarkan dan memiliki wangi yang menyegarkan.

10. Bandrek

Bandrek adalah minuman yang berasal dari Sunda dan salah satu jenis minuman untuk menghangatkan tubuh. Manfaat utama dari minuman ini adalah untuk menghangatkan tubuh, sehingga sangat cocok untuk dinikmati di cuaca dingin. Komposisi bandrek antara lain adalah jahe merah, gula merah, kayu manis, sereh, cengkeh. Sirih, dan daun pandan. Menambahkan daging kelapa dan susu kental manis juga dapat menambah citarasa minuman ini.

Itu dia berbagai macam minuman herbal untuk menghangatkan tubuh di tengah udara yang dingin. Bahan herbal tersebut juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan menjaga kesehatan secara umum.

 

  1. Jennings, Kerri-Ann. 2021. 7 Healthy Warm Winter Drinks. https://www.foodnetwork.com/healthyeats/recipes/2016/01/7-healthy-warm-winter-drinks. (Diakses pada 3 Oktober 2021).
  2. Simplemost. 2016. 10 Healthy & Hot Drinks To Keep You Warm This Winter. https://www.simplemost.com/10-healthy-hot-drinks-keep-warm-winter/. (Diakses pada 3 Oktober 2021).
  3. Taste of Home. 2020. 11 Healthy Hot Drinks to Warm You Up. https://www.tasteofhome.com/article/10-healthy-hot-drinks-to-warm-you-up/. (Diakses pada 3 Oktober 2021).
  4. Vats, Varsha. Choose These Healthy Drinks To Stay Warm This Winter. https://www.ndtv.com/health/choose-these-healthy-drinks-to-stay-warm-this-winter-2327052. (Diakses pada 3 Oktober 2021).


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi