Terbit: 8 Maret 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com- Apakah Anda termasuk dalam orang yang suka minum teh di pagi hari? Minum teh hangat memang bisa menenangkan pikiran sekaligus membuat kita lebih bersemangat. Namun, ada baiknya kita tidak sembarangan dalam mengonsumsinya, apalagi jika perut berada dalam kondisi kosong.

Meski Menyegarkan, Ini Bahaya Minum Teh Saat Perut Masih Kosong

Dilansir dari Merdeka, berikut adalah beberapa dampak kesehatan yang didapatkan jika kita minum teh saat kondisi perut masih kosong.

Terganggunya sistem metabolisme tubuh
Teh ternyata memiliki sifat yang cenderung asam. Jika kita meminumnya saat perut masih dalam kondisi kosong, maka kesiembangan asam dan basa dalam perut akan terganggu sehinga bisa mengganggu sistem metabolisme tubuh secara keseluruhan. Kebiasaan ini juga bisa mengganggu penyerapan zat besi secara alami sehingga kita akan lebih rentan terkena anemia.

Memicu dehidrasi
Teh memiliki sifat diuretik atau membuat keinginan untuk buang air kecil meningkat. Jika kita meminumnya di pagi hari, khususnya saat perut masih kosong, maka risiko untuk terkena dehidrasi meningkat. Tubuh akan terasa lemas dan otot akan lebih rentan terkena kram karena kondisi ini.

Merusak kesehatan gigi
Minum teh saat perut dalam kondisi kosong bisa membuat kadar asam di dalam mulut meningkat dengan signifikan. Hal ini akan membuat erosi pada enamel gigi berlangsung dengan lebih cepat.

Mual-mual
Minum teh saat perut masih dalam kondisi kosong akan mempengaruhi kinerja empedu dan membuat kita merasakan mual-mual. Perut juga akan terasa kembung dan tidak nyaman

Kepala pusing
Sebagaimana kopi, teh juga memiliki kandungan kafein. Mengonsumsinya di saat perut masih kosong akan memicu efek samping seperti kepala pusing dan sensasi tidak nyaman lainnya.

Kalau Sobat Sehat sendiri paling suka minum teh di waktu apa?


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi