Terbit: 27 Januari 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Jika kita cermati, ada beberapa orang yang mengalami masalah bau mulut saat berbicara dengan kita. Namun, mereka seperti tidak tahu jika mereka mengalami masalah bau mulut tersebut sehingga bisa dengan enteng terus ngobrol dengan orang lain. Sebenarnya, apa penyebab dari hal ini?

Mengapa Pemilik Bau Mulut Tidak Sadar Jika Dirinya Berbau?

Kumaladewi, salah seorang punggawa dari perusahaan produsen produk-produk kesehatan dan kecantikan tanah air, menyebutkan bahwa mereka yang memiliki masalah bau mulut memang cenderung tidak sadar jika mulutnya berbau. Hal ini disebabkan oleh mereka sudah terbiasa dengan bau mulut tersebut sehingga tidak bisa lagi membedakan apakah ada yang salah dengan kondisi mulutnya atau tidak. Hal ini sebenarnya mirip dengan masalah yang dialami oleh pemilik masalah bau badan yang juga cenderung tidak sadar dirinya memiliki masalah ini padahal orang lain bisa merasakannya.

Lantas, apakah pemilik masalah bau mulut hanya bisa menyadari masalah bau mulutnya jika diberitahu oleh orang lain? Pakar kesehatan menyebutkan bahwa untuk mengetahui apakah kita mengalami masalah bau mulut atau tidak, kita bisa menjilat pergelangan tangan. Setelahnya, diamkan sejenak dan ciumlah aroma bekas jilatan tersebut. Jika memang bau di bekas jilatan ini sangat menyengat, ada baiknya kita mencari solusi untuk mengatasinya dengan efektif.

Tak hanya menyikat gigi setelah makan dan sebelum tidur, ada baiknya kita juga berkumur-kumur dengan mouthwash untuk mengatasi masalah bau mulut ini. Dengan menggunakan mouthwash, maka kita bisa membersihkan seluruh area mulut, termasuk sela-sela gusi dan gigi dari berbagai bakteri yang menjadi pemicu masalah bau mulut. Berkumur-kumurlah dua kali dalam sehari dengan durasi berkumur sekitar 30 detik agar berbagai bakteri penyebab bau mulut bisa musnah dan mulut kita pun kembali memiliki aroma yang segar.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi