Terbit: 5 Maret 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Seringkah Anda mengonsumsi makanan kaleng? Kini makanan kaleng tersedia dalam berbagai jenis bahan makanan. Misalnya, daging, sayur, buah hingga makanan siap saji dengan menu lengkap.

Makanan Kaleng Lebih Kaya Gizi, Betulkah?

Berdasarkan data Academy of Nutrition and Dietitian, kini ada lebih dari 1500 jenis bahan makanan yang dikalengkan. Tidak heran, semakin banyak orang yang mengonsumsi makanan kaleng. Selain praktis, juga tersedia dalam varian yang cukup banyak.

Manfaat Konsumsi Makanan Kaleng

Nah, makanan kaleng juga memiliki banyak manfaat. Menurut Roberta Duyff dietitian dari Academy of Nutrition and Dietitian, ada banyak manfaat dari makanan kaleng selain mengandung zat gizi, antaranya lain:

1.Keamanan makanan terjamin

Makanan kalengan diproses melalui prosedur food safety yang berstandar baik. Karena itu, makanan yang dikalengkan terjaga kualitasnya.

2. Makanan lebih awet

Proses pengolahan atau pengalengan makanan dilakukan pada suhu tinggi dan steril sehingga dapat membunuh berbagai organisme yang terkandung pada bahan makanan. Maka dapat mencegah terjadinya keracunan makanan dan membuat makanan semakin awet.

3. Bahan makanan aman dan tidak mudah rusak

Makanan kaleng cenderung lebih aman dari risiko kerusakan bahan makanan. Selain adanya bahan tambahan pangan yang mengawetkan, kaleng yang digunakan sebagai wadah makanan merupakan pelindung dari berbagai paparan yang mungkin mengontaminasi. Misal, suhu atau cahaya. Makanan kaleng sangat aman dikonsumsi asalkan kaleng tidak penyok atau menggelembung.

4. Praktis

Makanan kaleng tampil dalam bentuk yang mudah dibawa dan praktis. Makanan kaleng umumya tersedia pada bentuk yang siap makan. Meski ada beberapa bahan makanan kaleng yang perlu dihangatkan,  misalnya sup. Namun proses tersebut tergolong praktis.

Ternyata, selain praktis makanan kaleng memiliki banyak manfaat, ya!


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi