Terbit: 19 September 2018 | Diperbarui: 6 April 2022
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com- Sering makan larut malam seringkali dikaitkan dengan risiko kenaikan berat badan. Padahal, hal ini juga berkaitan dengan peningkatan risiko masalah kesehatan lainnya, yakni kolesterol tinggi. Sebenarnya, bagaimana bisa makan larut malam juga terkait dengan kolesterol tinggi?

Sering Makan Larut Malam Bisa Sebabkan Kolesterol Tinggi

Sebuah penelitian yang dilakukan di University of Pennsylvania, Amerika Serikat menghasilkan fakta bahwa sering makan larut malam, tepatnya lebih dari jam 19.00 malam bisa memicu peningkatan kadar gula darah dan kolesterol jahat di dalam tubuh.

“Kami menyarankan siapa saja untuk makan malam sebelum pukul 19.00 demi mencegah kehilangan jam tidur sekaligus menurunkan risiko kenaikan gula darah dan kolesterol,” ucap peneliti utama, Namni Goel.

Dalam penelitian ini, 9 orang dewasa dengan berat badan ideal dilibatkan. Mereka dibagi menjadi dua kelompok yang menjalani pola makan yang berbeda. Kelompok pertama mengonsumsi makan berat tiga kali sehari dan camilan dua kali dari pukul 08.00 hingga pukul 19.00. Kelompok kedua menjalani pola makan yang sama namun durasinya dimulai dari waktu makan siang hingga pukul 23.00.

Hasilnya adalah, kelompok kedua mengalami kenaikan berat badan lebih signifikan dibandingkan dengan kelompok pertama. Kelompok kedua juga mengalami peningkatan profil metabolik negatif seperti perubahan insulin, gula darah, dan kolesterol jahat di dalam tubuh.

Mengingat kolesterol tinggi bisa berimbas pada penyakit berbahaya seperti serangan jantung atau stroke, ada baiknya memang kita lebih baik dalam menjaga pola makan kita setiap hari, termasuk waktu makan di malam hari. Ada baiknya kita menyudahi waktu makan sekitar 2 jam sebelum tidur sehingga tubuh bisa benar-benar menjalankan proses istirahat dan berbagai proses lainnya saat tidur sehingga badan bisa tetap sehat.


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi