Terbit: 28 Januari 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.com – Selain bentuk badan yang tidak ideal, salah satu ketakutan terbesar wanita yang memasuki usia 30-an tahun adalah keriput di wajah. Para wanita menganggap kalau keriput bisa mengurangi kecantikan sehingga krim anti keriput dan anti aging seharga jutaan rupiah akan dibeli untuk mencegah atau memudarkannya.

Lakukan Kebiasaan Sederhana Ini Agar Keriput Enggan Datang

Sebenarnya untuk mencegah keriput tidak diperlukan bujet yang besar. Dengan hanya melakukan kebiasaan sederhana ini, keriput tidak akan muncul.

1. Tidak merokok
Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh St. Thomas Hospital di London, Inggris, perokok memiliki kulit yang lebih berkeriput dari mereka yang tidak merokok. Menurut penelitian tersebut, kulit perokok 40% lebih kusam dan keriput muncul lebih banyak.

2. Tidak terpapar cahaya matahari
Sinar matahari yang mengandung ultraviolet tidak baik untuk kesehatan kulit. Terpapar cahaya matahari mulai pukul 09.00-16.00 setiap harinya mampu meningkatkan kerutan pada wajah dan kanker kulit kalau durasi di bawah sinar mataharinya terlalu lama. Saat berada di luar ruangan, gunakan krim dengan SPF minimal 30.

3. Tidur cukup
Tidur rutin, cukup, dan berkualitas akan menyebabkan tubuh menghasilkan hormon pertumbuhan atau HGH. Hormon ini akan menangkal munculnya kortisol yang memecah sel-sel kulit. Saat Anda tidur berkualitas, kulit akan tetap tebal, elastis, dan kerutan pada wajah enggan datang.

4. Berolahraga
Agar kulit tetap kencang dan tidak terlihat kusut, Anda disarankan untuk berolahraga secara rutin. Saat berolahraga metabolisme tubuh akan meningkat termasuk metabolisme sel pada kulit wajah.

5. Diet seimbang
Makan terlalu banyak lemak akan menyebabkan seseorang menjadi obesitas. Dampaknya, kulit akan jadi lebih kusam sehingga kerutan bisa cepat muncul pada wajah. Agar kerutan tidak muncul, diet seimbang harus dilakukan, misal Anda mulai meninggalkan junk food dan mulai menyantap banyak sayur, buah, dan daging tanpa lemak.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi