Terbit: 5 Februari 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Beberapa bulan lalu, Kylie Jenner mengungkapkan kabar tentang kehamilannya yang mengejutkan banyak pihak. Di Bulan Februari 2018 ini, Kylie akhirnya mengabarkan tentang kelahiran dari putri pertamanya. Tak hanya mendapatkan ucapan selamat dari banyak fans dan sesama pesohor, banyak orang yang ternyata bertanya-tanya apakah menjadi ibu di usia 20 tahun seperti Kylie Jenner ini termasuk terlalu muda atau sudah tergolong ideal.

Kylie Jenner Melahirkan di Usia 20 tahun, Terlalu Muda atau Sudah Ideal?

Photo Credit: Flickr/Disney ABC

Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) menyebutkan bahwa ada baiknya wanita menikah di usia yang dianggap sudah matang secara fisik dan emosional, yakni pada saat usianya sudah mencapai 21 tahun. Dengan menikah di usia tersebut, maka organ reproduksi di tubuh wanita sudah benar-benar dalam kondisi siap untuk mendapatkan kehamilan dan melahirkan.

Pakar kesehatan Peter Bernstein yang berasal dari Montefiore Medical Center, Amerika Serikat, juga mengungkapkan fakta yang sama, yakni usia di atas 20 tahun adalah waktu paling ideal untuk mendapatkan kehamilan karena bisa menurunkan risiko terkena gangguan kehamilan seperti preeklampsia, diabetes gestasional, hipertensi kehamilan, atau melahirkan bayi dengan kondisi down syndrome. Selain itu secara fisik, tubuh seorang ibu yang melahirkan di usia 20-an juga cenderung lebih enerjik dan bugar untuk mengurus bayi yang biasanya sangat melelahkan.

Hanya saja, mendapatkan kehamilan di usia awal 20-an juga bisa memberikan kerugian tersendiri bagi psikis seorang wanita, apalagi jika mereka belum benar-benar menikmati masa bersama dengan pasangan setelah menikah dan langsung disibukkan dengan kegiatan mengurus bayi yang bisa sangat menguras waktu dan energi. Tanpa adanya dukungan dari pasangan, keluarga, atau teman-teman lainnya, bisa jadi ibu mengalami depresi atau stress saat mengurus bayi. Bahkan, jika masalah psikis ini dibiarkan, bisa jadi ibu muda mengalami masalah baby blues syndrome yang tentu sangat berbahaya baik itu bagi sang ibu maupun buah hatinya.


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi