Terbit: 9 Februari 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Salah satu seniman daerah tradisional terkemuka dari Yogyakarta, Gareng Rakasiwi, tutup usia di usia 52 tahun. Gareng yang memiliki nama asli Dwiyanto ini menghembuskan nafasnya yang terakhir pada Jumat, 9 Februari 2018 pukul 03.30 dini hari di Rumah Sakit Adelia.

Komedian Gareng Rakasiwi Tutup Usia

Photo Source: Kajiedan

Hadi Soesanto, salah satu rekan Gareng di dunia seni Kota Gudeg mengungkap penyebab meninggalnya Gareng yakni adanya komplikasi penyakit berbahaya yang menyerangnya saat-saat terakhir kehidupannya. Hadi juga menyebutkan bahwa jenazah Gareng sudah disemayamkan di rumah duka yang berlokasi di Perum Romansa, Dusun Ngoto, Desa Bangunharjo, Kecamatan Sewon, Bantul, Yogyakarta. Jenazah rencananya dikebumikan di pemakaman keluarga di kawasan Modan, Ambarukmo.

Gareng Rakasiwi mulai dikenal luas oleh publik semenjak menjadi penyiar di Radio Geronimo Jogja. Gaya candaannya dianggap cocok bagi generasi muda pada tahun 90-an sehingga kerap diundang di berbagai acara yang digelar oleh Pemerintah Daerah atau perusahaan swasta. Beberapa saat terakhir, Gareng jugas sempat tampil solo lewat stand up comedy di beberapa televisi swasta nasional dan masih menjadi pembawa acara Angkringan yang ditayangkan TVRI daerah Yogyakarta.

Sebagai informasi, penyakit komplikasi yang dialami oleh Gareng adalah kondisi dimana seseorang diserang dua atau lebih penyakit berbahaya dalam waktu yang bersamaan. Karena ada banyak penyakit yang menyerang, maka pengobatan pun tidak bisa dilakukan dengan sembarangan. Dalam banyak kasus, komplikasi penyakit sulit untuk disembuhkan. Penyakit komplikasi juga kerap kali menyerang organ-organ dalam sehingga membuat fungsinya terganggu dan akhirnya merusak berbagai sistem yang ada di dalam tubuh secara keseluruhan. Karena alasan inilah komplikasi penyakit bisa sangat mematikan.


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi