Terbit: 30 Januari 2019
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Kolesterol tinggi bisa berujung menjadi penyakit mematikan layaknya stroke atau penyakit jantung jika tidak ditangani dengan baik. Beruntung, kita bisa menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh dengan cara yang mudah dan enak. Caranya adalah dengan makan alpukat setiap hari.

Atasi Kolesterol Tinggi dengan Makan Alpukat Setiap Hari

Manfaat makan alpukat bagi kadar kolesterol

Berdasarkan sebuah penelitian yang dipublikasikan hasilnya dalam Journal of the American Heart Association, dihasilkan fakta bahwa orang-orang yang rutin makan alpukat setiap hari mampu menurunkan kadar kolesterol jahat hingga 13,5 mg/dL. Bahkan, penelitian lainnya juga membuktikan bahwa rutin makan alpukat bisa menurunkan kadar trigliserida darah hingga 20 persen. Selain itu, kita juga bisa meningkatkan kadar kolesterol baik hingga 11 persen sehingga tentu akan membantu menyehatkan jantung dan pembuluh darah.

Berbagai manfaat lain dari alpukat

Alpukat termasuk dalam buah yang kaya akan kandungan lemak, namun kandungan lemaknya berjenis oleic acid yang termasuk dalam asam lemak tak jenuh tunggal yang justru baik bagi kesehatan. Karena alasan inilah makan alpukat bisa memberikan manfaat bagi kadar kolesterol tubuh.

Selain itu, di dalam alpukat juga memiliki kadar potasium dan serat yang tinggi. Berbagai kandungan ini bisa menyehatkan pencernaan, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan menurunkan risiko berbagai penyakit berbahaya seperti stroke atau gagal ginjal.

Buah lain yang juga bisa membantu menurunkan kolesterol

Selain alpukat, terdapat beberapa buah lain yang memiliki rasa yang enak dan bisa membantu menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh.

Berikut adalah beberapa buah-buahan tersebut.

  1. Apel

Mengonsumsi apel bersama dengan kulitnya akan membuat kita mendapatkan asupan pektin dalam jumlah yang tinggi. Sebagai informasi, pektin adalah sejenis serat larut yang bisa mengikat kolesterol dan lemak jahat dan membuangnya bersama dengan saat kita buang air. Di dalam apel juga tinggi vitamin dan polifenol, sejenis antioksidan yang bisa mencegah peradangan.

Jika kita ingin menurunkan kolesterol, kita bisa mengonsumsi apel sebagai camilan harian yang sehat.

  1. Buah pir

Buah pir yang menyegarkan ini ternyata tinggi kandungan serat. Bahkan, jika kita makan satu pir dengan ukuran sedang saja, maka kita sudah memenuhi sekitar 16 persen kebutuhan serat kita dalam sehari. Kandungan lain yang ada di dalam buah pir adalah pektin yang bisa membantu menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh.

  1. Anggur

Anggur juga memiliki kandungan serat larut yang bisa mengikat kolesterol dan membuangnya lewat buang air. Selain itu, di dalam buah ini terdapat senyawa antioksidan yang sangat tinggi. Mengonsumsinya secara rutin akan membantu kita meningkatkan kadar kolesterol baik. Bahkan, sebuah penelitian menyebut anggur cocok untuk dikonsumsi orang-orang dengan masalah aterosklerosis atau pengerasan pembuluh darah yang berpotensi menjadi penyakit jantung atau stroke.

  1. Pepaya

Pepaya tidak hanya baik bagi saluran pencernaan, melainkan juga bagi masalah kolesterol di dalam tubuh. Hal ini disebabkan oleh tingginya kandungan vitamin C, vitamin E dan antioksidan berjenis likopen di dalamnya.

  1. Jambu biji

Jambu biji tinggi kandungan vitamin dan antioksidan yang mampu melindungi jantung dari berbagai efek buruk paparan radikal bebas. Di dalam buah yang sering dijadikan jus ini juga terdapat serat larut dan kadar kalium yang tinggi. Hal ini berarti, rutin mengonsumsi jambu biji bisa meningkatkan kadar kolesterol baik, menurunkan kolesterol jahat, dan menurunkan tekanan darah.

Sebuah penelitian yang dilakukan di negara tetangga Malaysia menyebut konsumsi 400 gram jambu biji setiap hari bisa membantu mengatasi masalah kolesterol tinggi dengan efektif.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi