Terbit: 2 Maret 2018
Ditulis oleh: Muhamad Nuramdani | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Menurunkan berat badan ada dua cara, yaitu dengan mengendalikan makan dan berolahraga. Berat badan tergantung pada kebiasaan cara makan, karena jumlah kalori yang masuk ke tubuh Anda melalui makanan.

10 Kebiasaan Makan Ini Ampuh Turunkan Berat Badan

Berat badan bisa diturunkan dengan kebiasaan berolahraga, karena jumlah kalori yang Anda bakar sepanjang hari untuk pemeliharaan fungsi tubuh selama latihan berat.

Untuk menjaga berat badan, berikut beberapa kebiasaan makan terbaik yang bisa membantu mengurangi jumlah kalori yang masuk ke tubuh Anda:

1. Makan Sebelum pukul 7 malam
Mengapa pukul 7 malam? Karena bagi kebanyakan orang, ini hampir 3 atau 4 jam untuk mencerna makan malam Anda sebelum tidur, jadi cara ini agar tidur Anda nyaman.

Makan pada pukul 7 malam memberi tubuh Anda waktu puasa 12 atau 13 jam dari makan malam sampai sarapan pagi, yang merupakan cara terbaik untuk mengurangi jumlah kalori yang Anda makan sepanjang hari.

2. Fokus makan
Jika Anda berfokus pada layar smartphone Anda, menonton film atau bahkan membaca buku saat Anda makan, pada dasarnya Anda tidak fokus pada apa yang Anda masukkan ke dalam mulut dan tubuh Anda.

Ini adalah cara buruk dalam menambah berat badan, karena makan tidak fokus akan menghambat isyarat kekenyangan, dan cenderung terlalu banyak makan.

3. Duduklah ketika makan
Mungkin terdengar aneh, namun para periset telah membuktikan bahwa mereka yang berdiri saa makanm, akhirnya makan 30 persen lebih banyak dari yang dibutuhkan saat makan berikutnya. Sementara mekanisme pasti di balik fenomena ini tidak diketahui, para ilmuwan berteori bahwa itu karena manusia diprogram secara genetis untuk duduk dan makan.

Jadi, ketika Anda berdiri, tubuh Anda gagal untuk mendaftarkan makanan yang Anda makan saja, menyebabkan Anda makan berlebihan saat makan berikutnya.

4. Memasak makanan di rumah
Bila Anda membuat makanan sendiri, Anda lebih memerhatikan makanan yang Anda masukkan ke makanan Anda dan apa yang Anda masukkan ke piring Anda. Jadi jika ingin menurunkan berat badan, sering-seringlah masak makanan di rumah.

5. Jangan makan saat Anda merasa bosan
Apakah Anda merasa bersalah makan banyak saat merasa bosan? Jangan khawatir Anda bukan satu-satunya yang makan saat bosan. Tapi bukan berarti Anda tidak bisa mengubah kebiasaan buruk Anda.

Jadi, pada saat Anda bosan, carilah hiburan selain mengunyah apa pun yang Anda hadapi. coba baca buku, nonton film, main game, atau hal lainnya.

6. Makan banyak daripada ngemil
Mengapa? Karena ngemil dapat mengisi perut Anda sebentar, tapi setelah beberapa saat Anda akan lapar lagi, yang dapat menyebabkan Anda menghabiskan lebih banyak kalori sepanjang hari.

Jadi, makan banyak karena mengandung banyak serat di dalamnya sehingga membuat Anda kenyang untuk jangka waktu yang lebih lama.

7. Beri penghargaan diri bukan dengan makanan
Pernahkah Anda memenangkan sesuatu yang besar dan kemudian memutuskan untuk makan di luar untuk merayakan kesuksesan Anda? Saat melakukan hal ini terkadang tidak akan merugikan Anda, namun jika Anda terus merayakan beberapa kali setiap bulan, berat badan Anda akan bertambah.

Jadi, bantulah diri Anda dan pilihlah hadiah yang berbeda untuk diri Anda saat Anda memenangkan sesuatu. Anda bisa traveling, berkencan, belanja pakaian atau hal lain yang Anda inginkan selain makanan.

8. Ngemil saat nonton Film, meski belum lapar
Banyak dari kita membeli popcorn sebelum memasuki ruangan teater boskop. Tapi kebiasaan ini bisa melatih tubuh Anda untuk mengonsumsi kudapan saat Anda tidak lapar.

Jadi, lain kali Anda pergi untuk menonton film, tanyakan pada diri Anda apakah Anda benar-benar lapar. Jika jawabannya ya, maka belilah popcorn. Tapi jika tidak lapar, maka jangan membeli camilan atau makanan lainnya.

9. Bawa makanan sehat
Kita cenderung makan berlebih pada saat makan berikutnya, saat kita menolak rasa lapar karena tubuh kita diprogram untuk menyimpan lemak ekstra jika kita tidak dapat makan saat kita lapar lagi.

Sebagai gantinya, bawalah apel, atau beberapa kacang, atau makanan ringan sehat lainnya seriap saat, sehingga saat Anda lapar, Anda bisa mengonsumsinya dengan cepat.

10. Mulailah mengonsumsi salad
Mengapa? Karena salad memiliki kalori yang sangat sedikit di dalamnya dan memiliki banyak serat, ini bisa membantu Anda menurunkan berat badan.

Jadi salad mengisi Anda cukup banyak bahkan sebelum Anda makan besar, sehingga Anda bisa mengurangi porsi makanan atau kalori yang Anda konsumsi.

Nah, mana yang Anda pilih?


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi