Terbit: 16 Februari 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Blueberry dan anggur sekilas mirip bahkan mungkin sering dianggap sama oleh sebagian besar orang. Baik dari segi bentuk, ukuran dan warna kedua buah ini memang terlihat sama. Namun kira-kira apa yang membedakan dari kedua jenis buah ini ya?

Kamu Pilih yang Mana, Blueberry atau Anggur?

Buah blueberry masih belum mudah kita temukan dalam bentuk utuh, biasanya blueberry dijadikan pilihan rasa dalam banyak jenis inovasi minuman. Pada makanan bluebery umumnya dijadikan sebagai selai. Buah anggur cenderung lebih mudah kita peroleh dalam bentuk utuh, biasanya buah anggur selalu tersedia di pasar tradisional ataupun swalayan. Buah anggur biasanya kita sajikan sebagai buah meja atau sebagai campuran olahan buah seperti salad buah.

Kedua buah ini sama-sama memiliki warna yang gelap, pada anggur terdapat beberapa jenis yang berwarna merah gelap atau hitam sedangkan pada blueberry warnanya adalah ungu gelap. Beberapa studi menunjukkan bahwa semakin gelap warna pada buah maka semakin banyak kandungan antioksidan yang terdapat pada buah tersebut. Berdasarkan Kementrian Kesehatan RI pada buah blueberry terkandung zat antioksidan bernama resveratol. Zat antioksidan ini baik untuk mencegah kanker. Sedangkan pada buah anggur terdapat kandungan polifenol yang merupakan antioksidan dengan manfaat lain yaitu mencegah penuaan dini.

Dari kandungan zat gizi, kedua jenis buah ini sama-sama memiliki kandungan zat gizi yang sama-sama bersaing. Dalam 100 gram buah blueberry terdapat 2x lebih banyak kandungan vitamin A serta kandungan 10x lebih tinggi vitamin C dibandingkan dengan buah anggur. Sedangkan kandungan mineral kalium pada buah anggur lebih tinggi hampir 3x dibandingkan dengan buah blueberry, selain itu anggur lebih kaya energi dibandingkan dengan buah blueberry.

Baik anggur ataupun blueberry sama-sama memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh. Jadi kira-kira anda pilih yang mana, blueberry atau anggur?


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi