Terbit: 12 Februari 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Saat pagi hari, khususnya sebelum mengkonsumsi sarapan, perut berada dalam kondisi kosong sehingga kita pun akan merasa lapar. Saat makanan sudah siap, kita pun akan dengan segera mengkonsumsinya dengan lahap demi mengatasi rasa lapar tersebut. Namun, menurut pakar kesehatan, ada baiknya kita tidak langsung makan besar saat perut sedang benar-benar kosong. Apa alasannya?

Jangan Makan Besar Saat Perut Sedang Benar-Benar Kosong

Pakar kesehatan menyebutkan bahwa saat berada dalam kondisi sangat lapar karena perut benar-benar kosong, kadar gula dalam darah sedang dalam kondisi yang sangat rendah. Hal ini membuat tubuh beradaptasi dengan kondisi perut yang kosong dan berusaha sebisa mungkin mencari sumber energi. Karena alasan inilah saat sudah ada makanan yang tersedia, tanpa pikir panjang tubuh akan meminta kita untuk segera mengkonsumsinya meskipun makanan tersebut tinggi kalori atau tidak memiliki nilai gizi sama sekali. Hal ini berarti, jika kita makan dengan kondisi perut benar-benar kosong, besar kemungkinan kita tidak akan memperhatikan keseimbangan gizi makanan yang kita konsumsi dan akhirnya lebih rentan terkena kenaikan berat badan.

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan di Food & Brand Laboratory yang ada di Cornell University, disebutkan bahwa saat lapar, tubuh akan lebih tertarik untuk mengkonsumsi makanan dengan kadar kalori tinggi karena bisa memberikan energi dengan lebih cepat. Beberapa makanan yang terlihat jauh lebih menarik saat kita sedang benar-benar lapar adalah junk food yang sangat tidak sehat.

Lantas, apa yang perlu kita lakukan jika kita sudah sangat lapar dan harus mengkonsumsi makanan? Pakar kesehatan menyarankan kita untuk mengkonsumsi dua gelas air putih dan makan buah terlebih dahulu. Hal ini akan membuat perut sedikit kenyang sehingga kita pun tidak akan makan dengan berlebihan.


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi