Terbit: 21 Februari 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Pekan Sarapan Nasional atau PESAN adalah peringatan yang diadakan dalam satu minggu penuh. PESAN diadakan dalam satu minggu penuh dengan tujuan agar kita terbiasa melakukan sarapan. Umumnya masih banyak orang yang tidak sempat melakukan sarapan karena berbagai hal seperti terbatasanya waktu, tidak sempat menyiapkan makanan atau karena bangun terlambat sehingga terburu-buru beraktivitas.

Ini Tips dari PESAN Agar Terbiasa Sarapan

Kebiasaan tidak sarapan akan menyebabkan pencernaan kita sudah terbiasa tidak menerima sarapan. Sehingga apabila tiba-tiba membiasakan pencernaan untuk sarapan maka pencernaan akan kesulitan dalam beradapatasi dan muncul gangguan pada tubuh seperti rasa tidak nyaman pada perut atau mulas. Maka dari itu dalam PESAN kita yang tidak terbiasa sarapan diharapkan dapat mulai berproses untuk membiasakan diri sarapan.

Sarapan adalah melakukan makan atau minum sebelum jam 9 pagi. Umumnya kita beranggapan bahwa sarapan adalah makan besar dan dalam porsi yang besar saja. Namun, untuk membiasakan sarapan sebaiknya dilakukan dengan bertahap. Bertahap yang dimaksud adalah tidak langsung makan besar. Hal tersebut dapat dilakukan dengan beberapa tips dibawah ini:

  • Makan jajanan atau snack sebagai sarapan
  • Saat membiasakan sarapan, biasanya apabila kita langsung memulai dengan makan dalam porsi besar akan sulit dilakukan karena tubuh tidak terbiasa. Untuk megubah hal tersebut dapat dilakukan dengan tetap mengonsumsi makanan atau minuman namun dalam bentuk jajanan (bukan makan dalam satu piring dan habis dalam satu kali). Jajanan yang dipilih harus tetap sesuai dengan golongan makanan saat sarapan yaitu karbohidrat, protein, dan sayur atau buah. Misalnya biskuit, telur, dan buah apel. Ketiga makanan tersebut dapat dikonsumsi secara terpisah dalam rentang waktu satu atau dua jam sekali, sebelum jam 9 pagi, sehingga pencernaan kita akan pelan-pelan terbiasa.

  • Sarapan dengan porsi kecil ditambah dengan jajanan/snack
  • Selain tips diatas kita boleh mencoba tetap makan besar namun dalam porsi yang kecil namun ditambah dengan jajanan di jam yang terpisah. Sehingga kebutuhan awal harian tubuh tetap terpenuhi. Sama dengan tips sebelumnya pemilihan bahan makanan saat makan besar dan jajanan adalah golongan karbohidrat, protein dan sayur atau buah.

Kebiasaan sarapan akan bermanfaat bagi tubuh karena dapat mendukung aktivitas harian menjadi lebih produktif dan pola hidup menjadi lebih sehat. Apabila anda belum terbiasa sarapan, coba tips diatas ya agar mulai terbiasa untuk sarapan.


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi