Terbit: 20 Februari 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Tak hanya karena suhu udara yang dingin, kadangkala saat suhu udara terasa biasa saja atau bahkan cukup hangat, hidung kita tiba-tiba saja terasa dingin saat bekerja. Biasanya, hal ini terjadi saat kita sedang asyik bekerja. Tak disangka, dalam sebuah penelitian yang dipublikasikan hasilnya dalam jurnal berjudul Human Factors, disebutkan bahwa jika kita bekerja terlalu keras, maka hal ini akan membuat hidung kita menjadi lebih dingin. Bagaimana hal ini bisa terjadi?

Ini Penyebab Mengapa Hidung Kita Terkadang Terasa Dingin

Saat kita bekerja dengan keras, maka otak akan mengalami kelebihan beban. Hal ini pun memicu pengalihan aliran darah dari wajah ke jaringan otak demi mendukung kinerja otak ini. Penurunan aliran darah inilah yang kemudian membuat hidung kita menjadi lebih dingin.

Para peneliti yang berasal dari Nottingham University meminta 14 orang partisipan untuk dipantau kondisi aliran darahnya, khususnya di bagian kepala, dengan kamera thermal imaging. Para partisipan ini kemudian diminta untuk bermain game komputer yang memiliki beragam tahap kesulitan. Kemudian, para partisipan diminta untuk mengisi kuesioner untuk mengetahui apakah mereka mengalami kesulitan untuk menyelesaikan game tersebut. Selain itu, denyut jantung, seberapa cepat pernafasan, atau bahkan perubahan ukuran pupil mata para partisipan saat bermain juga selalu dipantau.

Hasilnya adalah, para partisipan yang mengaku kesulitan saat menyelesaikan game komputer tersebut mengalami perubahan suhu pada permukaan hidung hingga mencapai 16 derajat Celcius. Hal ini disebabkan oleh aliran darah yang seharusnya mengarah ke hidung justru dialihkan ke otak yang bekerja keras untuk menyelesaikan game tersebut.

Melihat adanya fakta ini, jika kita mulai mengalami hidung yang terasa dingin saat bekerja, cobalah untuk mengambil jeda sejenak karena hal ini menandakan bahwa otak sedang bekerja dengan sangat keras dan bisa saja mengalami kelelahan.


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi