Terbit: 21 Februari 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Pada minggu ketiga bulan Februari kita memperingati PESAN atau Pekan Sarapan Nasional. PESAN diadakan agar kita semakin menyadari pentingnya sarapan dan PESAN diadakan selama satu minggu penuh dengan tujuan agar kita terbiasa melakukan sarapan dalam sehari-sehari. Dengan adanya PESAN kita dapat semakin menyadari dan dapat merasakan manfaat dari sarapan dengan membiasakan sarapan.

Ini Manfaat Sarapan dalam PESAN

Seperti yang sudah kita ketahui bahwa sarapan memberikan manfaat untuk tubuh. Namun, meskipun begitu masih banyak yang belum melakukan sarapan. Dengan adanya PESAN manfaat dari sarapan yang ingin disampaikan adalah:

  • Meningkatkan konsentrasi
  • Beberapa penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa anak yang melakukan sarapan memiliki daya tangkap dan tingkat konsentrasi yang lebih baik di sekolah jika dibandingkan dengan anak yang tidak melakukan sarapan. Dengan sarapan tubuh dan otak memiliki bekal untuk melakukan aktivitas baik berpikir ataupun bekerja.

  • Mencegah terjadinya kegemukan atau obesitas
  • Sarapan dapat mencegah obesitas karena apabila kita tidak melakukan sarapan kita cenderung makan lebih banyak saat makan siang atau lebih sering ngemil. Hal ini terjadi karena kebutuhan gizi tubuh pada awal hari tidak terpenuhi maka kita akan merasa lebih lapar dan porsi makan bisa menjadi lebih besar atau frekuensi ngemil lebih sering saat kita merasa lapar. Porsi makan yang besar atau ngemil dengan sering secara terus menerus tersebut tentu akan meningkatkan resiko kegemukan.

  • Mencegah jajan tidak sehat
  • Sarapan akan memenuhi kebutuhan tubuh di awal hari. Dengan sarapan tubuh kita memiliki energi untuk beraktivitas hingga siang hari. Hal ini akan mencegah kita makan berlebihan disaat ngemil. Ini juga berlaku pada anak-anak karena anak yang sarapan biasanya tidak jajan berlebihan. Pada anak-anak yang tidak sarapan resiko jajan tidak sehat lebih besar daripada anak yang melakukan sarapan.

  • Membiasakan disiplin
  • Apabila kita terbiasa sarapan maka akan melatih disiplin dengan bangun pagi untuk mempersiapkan aktivitas pada pagi hari. Hal ini tentu baik untuk melatih kedisiplinan diri dan dapat menjadi kebiasaan yang baik untuk anak sehingga dapat menerapkan disiplin pada hal lain pula.

Sarapan memberikan banyak manfaat bagi tubuh baik untuk anak-anak, remaja maupun dewasa. Agar kita dapat merasakan manfaat tersebut, jangan lupa sarapan ya.


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi