Terbit: 1 Maret 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Anda biasanya minum ketika sedang haus, bukan? Nah, sebenarnya minum tak harus menunggu haus, loh. Kenapa? Karena kebutuhan tubuh akan asupan cairan sangat tinggi.

Hidup Sehat dengan Makan 5 Sayuran yang Paling Banyak Mengandung Air

Mungkin belum banyak yang menyadari bahwa sekitar 70 persen tubuh kita terdiri dari air. Ya, air merupakan komponen utama organ tubuh kita.

Nah, untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh, tentu tidak harus dengan cara minum air. Kita bisa mengonsumsi buah dan sayur yang notabene mengandung air yang cukup tinggi.

Apa saja sayur yang banyak mengandung air? Berikut ini informasi berdasarkan Buku Tabel Komposisi Bahan Pangan Indonesia yang dikeluarkan oleh Persatuan Ahli Gizi Indonesia:

1. Bayam

Bayam adalah salah satu jenis sayur yang sangat mudah diperoleh. Umumnya diproses sebagai masakan berkuah. Dalam 100 gram bayam atau setara 4-5 sendok sayur, terkandungan air sebanyak 94 gram.

2. Kangkung

Kangkung juga merupakan bahan makanan yang mudah diperoleh. Kangkung mengandung air yang cukup banyak. Pada 100 gram kangkung atau setara 4-5 sendok sayur terdapat 92 gram air.

3. Sawi

Sawi biasanya dijadikan olahan untuk mi atau nasi goreng. Sebanyak 92 gram air terdapat pada 100 gram sayur sawi yang setara 6-8 sendok makan sawi.

4. Ketimun

Ketimun tidak hanya diolah sebagai sayuran, namun juga untuk minuman. Misal, jus atau timun serut. Dalam 100 gram ketimun terdapat 97 gram kandungan air. Kita mendapat manfaatnya  bila mengonsumsi timun sebanyak 3-4 iris timun dengan ukuran dan ketebalan sedang (jika dikonsumsi dengan bijinya).

5. Labu Siam

Pada 100 gram Labu Siam terkandung 91 gram air.  Nilai tersebut dapat terpenuhi jika kita mengonsumsi 1 buah labu siam utuh ukuran sedang.

Nah, sayuran mana yang Anda suka? Yuk, biasakan mengonsumsi 5 sayuran yang kaya air tersebut biar kesehatan tubuh kita terjaga.


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi