Terbit: 19 Februari 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Kita tentu sering mendengar bahwa salah satu fungsi dari mengkonsumsi sayur dan buah yang dapat langsung kita rasakan adalah untuk melancarkan pencernaan. Saat sedang mengalami masalah pencernaan biasanya sering kita atasi dengan mengonsumsi buah dan sayur. Sebenarnya hampir seluruh buah yang mudah kita temukan memiliki manfaat untuk melancarkan pencernaan. Namun dalam pembahasan kali ini kita akan mengetahui jenis buah dan sayur yang memang ampuh dalam melancarkan pencernaan atau buang air besar.

Ingin Pencernaan Lancar? Jangan Asal Pilih Buah dan Sayur

Pemilihan buah dan sayur dalam hal ini penting dilakukan agar jenisnya tidak keliru dan dapat memberikan manfaat seperti yang kita harapkan. Biasanya dalam pemilihan jenisnya kita hanya memperhatikan kandungan seratnya saja. Namun, ternyata ada juga kandungan lain yang juga penting dalam proses pencernaan yaitu mineral magnesium, kalium dan pektin.

Mineral magnesium dan pektin terbukti memiliki manfaat yang mampu mendukung fungsi serat pada buah. Menurut pakar kesehatan Rita Ramayulis, pektin, magnesium dan kalium mampu membuat volume feses menjadi lebih banyak dan mudah untuk dikeluarkan. Buah dan sayur yang memiliki ketiga kandungan tersebut juga memiliki efek prebiotik yang dapat meningkatkan jumlah bakteri asam laktat di pencernaan. Sehingga fungsi pencernaan dapat lancar dan proses defekasi (pengeluaran zat sisa tubuh) dapat maksimal. Efek yang diberikan dengan adanya buah yang mengandung ketiga kandungan tersebut adalah mampu meningkatkan gerakan usus besar dalam membuang zat sisa tubuh. Sehingga hal ini akan bermanfaat dalam melancarkan pencernaan.

Buah dan sayur yang memiliki kandungan serat, pektin, kalium dan magnesium antara lain:

  • Buah: Pepaya, kiwi, nanas, apel, jambu biji,sirsak, anggur, buah naga, mangga dan pisang
  • Sayur: Daun bayam dan daun sirsak

Buah dan sayur yang ampuh dalam melancarkan pencernaan cukup mudah kita peroleh. Jadi kini kita dapat memilih buah dan sayur yang tepat untuk melancarkan pencernaan, ya.


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi