Terbit: 3 Maret 2018
Ditulis oleh: Gerardus Septian Kalis | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Semua orang tahu bahwa kandungan kalsium yang terdapat di sejumlah makanan atau minuman dapat menjaga kekuatan tulang dan gigi. Akan tetapi, tahukah Anda bahwa kesehatan gigi tidak hanya berkaitan dengan kalsium saja?

Ingin Gigi Tetap Sehat, Ikuti Beberapa Tips Berikut Ini

Ternyata ada beberapa kebiasaan yang dapat membuat gigi Anda menjadi sehat dan kuat, diantaranya:

  1. Pastikan bahwa Anda menyikat gigi sebelum tidur

Banyak orang tahu anjuran untuk menyikat gigi setidaknya dua kali sehari, akan tetapi banyak orang yang mengabaikan menyikat giginya di malam hari. Menyikat gigi sebelum tidur mampu menyingkirkan kuman dan plak yang menumpuk sepanjang hari.

  1. Sikatlah gigi dengan benar

Menyikat gigi bagi beberapa orang adalah sesuatu yang dianggap sepele, padahal menyikat gigi mempunyai peran yang sama pentingnya untuk menjaga kesehatan gigi secara keseluruhan.  Bahkan, jika gerakan menyikat tidak sesuai aturan, hal ini memiliki efek yang sama ketika Anda tidak menyikat gigi.

Gerakan sikat gigi yang lembut dan melingkar adalah cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan plak. Penumpukan plak bisa menyebabkan masalah karang gigi dan gingivitis.

  1. Jangan lupa untuk membersihkan lidah

Untuk diketahui, plak tidak hanya berkembang di gigi saja tetapi juga dapat terbentuk di lidah. Selain menimbulkan bau pada mulut, plak juga bisa menyebabkan masalah kesehatan mulut lainnya. Setiap kali menyikat gigi jangan lupa untuk menyikat lidah dengan lembut.

  1. Gunakan pasta gigi berfluoride

Pastikan bahwa pasta gigi yang Anda gunakan mengandung fluoride. Kandungan fluoride lebih penting daripada efek aroma atau pemutihan gigi. Fluoride dipercaya adapat melawan kuman penyebab pembusukan sekaligus menjadi pelindung bagi kesehatan gigi Anda.

  1. Menggunakan obat kumur

Obat kumur dipercaya dapat mengurangi tingkat keasaman mulut, membersihkan daerah yang sulit dijangkau, dan memineralisasi ulang gigi. Pada umumnya, obat kumur terbagi menjadi dua yaitu obat yang berfungsi sebagai kosmetik dan berfungsi sebagai pengobatan.

Untuk kosmetik, obat kumur biasanya digunakan untuk menjaga aroma napas agar tetap segar dan tidak terdapat zat aktif secara kimia ataupun biologis. Sementara untuk pengobatan, obat kumur mengandung zat aktif yang akan mengontrol atau mengurangi kondisi-kondisi seperti aroma napas yang tidak sedap, radang gusi, plak, dan gigi keropos. Konsultasikan dengan dokter gigi mengenai obat kumur yang paling baik untuk Anda gunakan.

  1. Minum air putih lebih banyak

Konsumsi air putih adalah cara termudah yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kesehatan rongga mulut termasuk gigi Anda. Setiap kali makan jangan lupa untuk mengonsumsi air putih. Hal ini dipercaya dapat membantu membersihkan sisa-sisa makanan dan minuman yang lengket atau zat asam yang melekat di gigi.

  1. Batasi makanan yang mengandung gula dan asam

Kandungan gula yang terdapat di mulut dapat berubah menjadi asam. Asam inilah yang bisa mengikis enamel gigi dan menyebabkan gigi berlubang. Buah-buahan dengan asam yang tinggi, teh dan kopi dapat memengaruhi kondisi enamel gigi. Meski begitu, Anda tidak perlu menghindari beberapa makanan atau minuman itu, hanya saja Anda harus membatasi asupannya.

  1. Rutin ke dokter gigi

Meski beberapa kebiasaan baik yang sudah dijelaskan di atas telah Anda lakukan, hal lain yang wajib dikerjakan adalah menemui dokter gigi minimal dua kali dalam setahun. Dengan pergi ke dokter gigi, maka Anda bisa mengenali masalah dan mendapatkan solusi pengobatan dengan tepat.

Nah, itulah beberapa tips yang dapat Anda coba untuk menjaga kesehatan gigi dan gusi. Dengan menjaga kesehatan keduanya, maka Anda akan selalu percaya diri untuk selalu memberikan senyum yang terbaik.


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi