Terbit: 26 Februari 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Meskipun tidak selalu terjadi, kadangkala setelah sarapan pagi perut justru terasa tidak nyaman dan sakit. Hal ini tentu akan sangat mengganggu aktifitas pagi kita, khususnya jika kita harus berkendara cukup jauh ke suatu tempat atau harus melakukan rapat penting. Sebenarnya, apa sih penyebab munculnya sakit perut setelah sarapan pagi ini?

Habis Sarapan Kok Sakit Perut? Bisa Jadi Ini Penyebabnya

Pakar kesehatan menyebutkan bahwa penyebab utama dari sakit perut yang muncul setelah sarapan pagi adalah pola makan yang tidak seimbang di pagi hari. Sebagai contoh, karena selama tidur kita tidak mendapatkan asupan makanan apapun, maka saat bangun tidur perut terasa lapar. Kondisi ini membuat kita langsung makan dalam jumlah yang banyak dan tidak memperhatikan asupan gizi yang seimbang. Hal ini ternyata bisa mengganggu fungsi sistem pencernaan dengan signifikan.

Penyebab lain mengapa perut bisa terasa sakit setelah sarapan adalah makanan yang bisa memicu naiknya asam lambung. Pakar kesehatan menyarankan kita untuk tidak mengkonsumsi makanan yang pedas dan asam saat sarapan pagi karena bisa dengan mudah menyebabkan asam lambung naik. Konsumsilah makanan yang cenderung lembut dan mudah dicerna sehingga perut akan terasa nyaman dan bisa menyediakan energi yang cukup untuk melakukan aktifitas harian.

Mereka yang mengalami masalah intoleransi laktosa sebaiknya juga berhati-hati dalam mengkonsumsi makanan atau minuman dari produk susu yang kerap dikonsumsi di pagi hari. Sebagai contoh, susu hangat, keju, yoghurt, atau produk susu lainnya memang sangat nikmat untuk dikonsumsi di waktu ini. Yang menjadi masalah adalah, penderita intoleransi laktosa akan kesulitan untuk mencerna makanan dan minuman tersebut sehingga bisa membuat perut terasa sangat tidak nyaman.

Sarapan memang sangat penting bagi kesehatan tubuh, namun, pastikan untuk mengkonsumsi makanan pagi dengan kadar gizi yang seimbang dan jangan berlebihan meskipun perut terasa sangat lapar.


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi