Terbit: 15 Februari 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com – Remaja wanita di Indonesia atau kawasan Asia biasanya mengalami masa puber saat usianya mencapai 11 tahun. Pada masa ini pertumbuhan seks primer seperti mulai munculnya ovum dan vagina bisa berfungsi dengan baik. Selanjutnya pertumbuhan seks sekunder seperti pinggul membesar dan ukuran payudara juga terjadi.

Faktor yang Memengaruhi Pertumbuhan Payudara Remaja Wanita

Pada usia ini remaja putri kerap kebingungan melihat ukuran payudaranya. Mereka yang payudaranya tumbuh dengan tidak lancar akan membanding-bandingkan ukurannya dengan payudara yang dimiliki oleh teman. Nah, kira-kira apa yang memengaruhi pertumbuhan payudara remaja putri sehingga ada yang tumbuh dengan baik dan ada yang tidak.

1. Genetik
Faktor genetik berpengaruh besar pada besar atau kecilnya ukuran payudara. Kalau ibu atau saudara perempuan memiliki gen payudara besar, maka pertumbuhan akan berjalan dengan baik dan lancar. Namun, kalau tidak ada keturunan, payudara akan susah tumbuh menjadi besar. Jadi, remaja putri tidak disarankan untuk panik dan lebih melihat saudara atau orang tuanya.

2. Gizi tidak seimbang
Pertumbuhan tubuh termasuk payudara juga dipengaruhi oleh nutrisi yang diterima oleh tubuh. Kalau saat masa pertumbuhan atau puber gizi yang didapatkan banyak, pertumbuhan bisa berjalan dengan lancar. Namun, kalau gizi yang didapatkan sedikit pertumbuhan dari payudara akan terhambat.

3. Gangguan hormon kewanitaan
Pertumbuhan payudara juga dipengaruhi oleh hormon seks pada wanita. Kalau hormon yang dihasilkan tidak banyak atau terhambat, pertumbuhan payudara juga terhambat. Dampaknya, ukuran payudara akan kecil dan terlihat tidak berkembang.

4. Kurang aktif berolahraga
Olahraga akan membuat tubuh jadi lebih segar, aliran darah berjalan dengan baik, dan metabolisme terjadi dengan sempurna. Dengan berolahraga, organ tubuh termasuk payudara kana terpicu untuk tumbuh dengan baik sehingga ukurannya tidak akan kecil. Wanita yang jarang berolahraga biasanya memiliki ukuran payudara yang lebih kecil ketimbang mereka yang hobi berolahraga.


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi