Terbit: 25 Februari 2018
Ditulis oleh: Gerardus Septian Kalis | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com – Lingkaran hitam yang berada di sekitar area mata panda adalah sesuatu yang menarik. Namun, apabila lingkaran hitam ada di sekitar mata manusia, hal itu bukanlah sesuatu yang menarik.

Cara Mudah Atasi Mata Panda

Photo Credit: Flickr.com/Marianna Destarac

Selain kurang tidur, lingkaran hitam atau yang biasa disebut mata panda bisa disebabkan oleh gaya hidup atau faktor keturunan. Munculnya mata panda seringkali membuat Anda kurang percaya diri, terutama jika  pekerjaan yang menuntut banyak aktivitas di ruang publik

Menurut sebuah penelitian di tahun 2006 oleh perusahaan kosmetik Clinique, 50 persen wanita mengatakan bahwa lingkaran hitam dan bengkak di sekitar mata adalah sebuah masalah kecantikan.

“Lingkaran hitam dan bengkak adalah dua masalah paling umum yang orang perhatikan di sekitar mata mereka, hal ini diperparah dengan kurangnya waktu tidur,” kata dokter spesialis dermatologi,  dr. Nick Lowe seperti dikutip dari netdoctor.co.uk

Ia mengungkapkan, penyebab paling umum dari mata panda adalah karena terlalu banyak pigmen di daerah mata. “Ini adalah bagian alami dari kulit dan lebih umum terjadi pada orang-orang keturunan Asia atau Afrika,” kata dr Lowe.

Selain itu, menurut dokter Lowe, terlalu banyak paparan sinar matahari juga bisa membuat kondisi semakin buruk karena bisa menyebabkan kulit keriput. Ia menyarankan menggunakan tabir surya saat aktivitas di bawah sinar matahari, terutama di area wajah. Hindari juga berolahraga di siang hari tanpa topi dan kacamata hitam.

Akan tetapi, apabila saat ini Anda sudah mengalami mata panda, Anda bisa mencoba sejumlah cara alami untuk menguranginya, diantaranya:

  1. Rutin minum air dan istirahat cukup

Minumlah setidaknya 8-10 gelas air mineral per hari dan perbaiki kualitas tidur Anda. Tidur adalah aktivitas yang banyak disarankan untuk mengatasi masalah ini. Salah satu faktor munculnya mata panda dikarenakan kelelahan dan kurang tidur. Seseorang yang kurang tidur, lama kelamaan akan memiliki lingkaran mata hitam yang permanen. Jadi, pastikan Anda menikmati waktu tidur setidaknya 7 jam setiap harinya.

  1. Kentang dan mentimun

Masukan kentang dan mentimun ke dalam blender dengan perbandingan yang sama. Berikan ramuan ini di area yang terlihat hitam selama 20 menit. Kemudian bilas hingga bersih. Selain dihaluskan Anda juga bisa menggunakan kentang utuh. Potong kentang yang sudah didinginkan di dalam kulkas. Sesuaikan dengan bentuk lingkaran mata. Taruhlah di sekitar area mata  antara 15-30 menit. Apabila potongan kentang yang digunakan terasa mulai panas, balik dan gunakan sisi satunya lagi.

  1. Minyak almon

Letakan kain hangat di bawah mata selama 10 menit. Setelah itu oleskan minyak almond ke permukaan yang terlihat gelap. Gunakan jari telunjuk Anda untuk memijat pada area mata yang gelap.

  1. Bungkus kantong teh

Manfaatkan kantong teh bekas untuk memperbaiki warna kulit dan mengurangi pembengkakan mata. Tempatkan kantong teh bekas yang baru digunakan dan diamkan selama 10 menit sebagai kompres.

Itulah beberapa cara untuk mengobati mata panda atau lingkaran hitam di dekat mata. Mencoba salah satu bahan di atas adalah cara yang terbaik untuk mengatasi kelainan kulit di sekitar mata Anda.

Pada dasarnya masalah mata panda hanyalah masalah kecantikan yang tidak memerlukan perawatan yang spesifik. Perawatan di rumah dan pola hidup sehat dapat menjadi solusi tepat untuk menghilangkan mata panda.


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi