Terbit: 15 Februari 2019
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com – Apakah Anda merasa lelah karena si kecil susah tertidur terutama saat malam hari? Jatah tidur Anda pun berkurang dan ini tidak baik bagi kesehatan. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk mengetahui cara menidurkan bayi dengan cepat.

Cara Menidurkan Bayi dengan Cepat agar Ibu Tak Mengalami Kelelahan

Apabila mengetahui cara cepat menidurkan bayi, maka Anda akan mudah membuat bayi tertidur sesuai dengan waktu tidurnya. Anda pun tidak mengalami kelelahan dan kerepotan dalam menidurkan bayi. Terapkan juga cara menidurkan bayi di malam hari dan siang hari!

Cara menidurkan bayi dengan cepat

Sebenarnya, Anda sebagai ibu tidak perlu bingung untuk menidurkan bayi karena ada cara cepat menidurkan bayi.

Cara ini dapat diterapkan pada siang dan malam hari. Lakukanlah beberapa cara ini maka bayi akan mudah tertidur. Berikut ini adalah beberapa cara menidurkan bayi dengan cepat:

1. Mandikan bayi secara teratur

Memandikan bayi secara teratur adalah hal penting untuk membuat bayi tidur. Hal ini mencegah bayi merasa gatal dan kepanasan. Rasa gatal dan panas akan membuat bayi menjadi rewel dan sulit tidur.

Jadi, mandikanlah bayi secara teratur sebanyak dua kali sehari (pagi dan sore) karena jika hanya satu kali akan membuat kulit bayi terasa gatal. Biasanya, bayi akan cepat tertidur sesaat setelah ia dimandikan dan dalam kondisi kenyang.

Ini bukan berarti ketika bayi terbangun di malam hari maka Anda segera memandikannya. Cara ini hanya sebagai cara menjaga kondisi bayi agar selalu memiliki kulit yang tetap bersih.

2. Ajak bayi berenang

Cara menidurkan bayi dengan cepat adalah dengan membuatnya bergerak banyak.

Contohnya Anda bisa mengajak bayi berenang di baby pool mungil miliknya. Bayi di atas usia 2 bulan bisa diajak berenang di dalam rumah dengan menggunakan baby pool yang berisikan air hangat (28 derajat Celcius).

Gunakan juga neck ring dan baju renang yang nyaman. Bayi akan terus menggerak-gerakan kakinya saat di dalam kolam bayi. Pada saat itu, energinya akan terkuras dan ia akan mudah tertidur.

Baca Juga: Baby Spa, Bisa Jadi Cara Menidurkan Bayi dengan Cepat?

3. Pijat bayi

Bayi yang mendapatkan pemijatan akan mendapati tubuhnya terasa nyaman sehingga ia merasa lebih rileks. Tubuhnya yang rileks akan membuatnya mudah tertidur. Gunakanlah baby oil dan pijatlah bayi secara perlahan.

4. Memakaikan baju yang nyaman

Cara membuat bayi tidur di malam hari maupun di siang hari adalah dengan memakaikan bayi Anda baju yang nyaman. Siapkanlah baju yang terbuat dari bahan yang nyaman seperti katun.

Hindari menggunakan baju yang terbuat dari bahan yang mudah gatal dan tidak menyerap keringat. Perhatikan pula ukuran baju bayi agar tidak sempit atau tidak terlalu longgar. Baju yang nyaman akan membantunya mudah tertidur.

5. Mengganti popok sebelum tidur

Sebelum tidur, gantilah popok bayi dengan popok yang baru. Hal ini sangat penting terutama sebagai cara menidurkan bayi di malam hari. Popok yang bersih akan membuat bayi nyaman ketika ia sedang tertidur.

Apabila Anda lupa menggantikan popok sebelum bayi tertidur maka air seni yang keluar akan semakin bertambah banyak. Hal tersebut bisa membuat bayi tidak nyaman sehingga ia sulit tidur atau mudah terbangun lagi.

6. Bersihkan area tidur

Sama seperti orang dewasa, bayi juga akan merasa nyaman jika kasur yang menjadi tempat tidurnya itu bersih. Oleh karena itu, bersihkanlah tempat tidur bayi agar terbebas dari debu dan pasir.

Supaya membuat bayi semakin nyaman maka gunakanlah sprei dengan bahan yang sejuk dan bersih pada kasur, bantal, dan guling bayi. Cara ini bisa membuat bayi tidur lebih cepat.

7. Atur suhu kamar

Cara menidurkan bayi dengan cepat adalah dengan mengatur suhu kamar yang cocok bagi bayi. Suhu kamar yang tidak terlalu dingin dan tidak terlalu panas akan membuat bayi nyaman dan mudah tidur.

Aturlah suhu menjadi sekitar 21-23 derajat Celcius jika terdapat Air Conditioner di dalam kamar di mana bayi tidur. Anda bisa mengatur suhunya lebih tinggi atau lebih rendah sesuai dengan respon bayi.

8. Kondisikan perut bayi kenyang

Cara menidurkan bayi di malam hari dan siang hari adalah dengan menyusuinya hingga kenyang. Apabila bayi telah mencapai tahap MPASI maka siapkanlah menu MPASI yang padat gizi bagi bayi.

Bayi yang kenyang akan lebih mudah tertidur. Oleh karena itu, susuilah bayi Anda hingga ia melepasnya sendiri karena pertanda ia sudah kenyang. Bayi yang sudah menyusu biasanya akan cepat tertidur.

Baca Juga: Cara Menyusui yang Benar agar Bayi Kenyang dan Cepat Tertidur

9. Atur penerangan kamar

Buatlah kamar bayi menjadi agak redup. Cahaya kamar yang redup akan membuat bayi mudah tertidur. Meredupkan lampu kamar ini tidak hanya sebagai cara cepat menidurkan bayi saja tetapi juga bisa meningkatkan kesehatan bayi.

10. Mengelus-elus bayi

Apabila Anda bermaksud untuk menidurkan bayi maka sebaiknya kurangilah kontak mata karena akan membuat bayi terjaga dan susah tidur. Anda bisa menggantinya dengan mengelus-elus kepala bayi.

Umumnya, bayi akan merasa nyaman dan aman ketika kepalanya dielus atau diusap dengan lembut. Cara menidurkan bayi dengan cepat bisa mengombinasikan mengelus bayi sambil menyusui.

Jika bayi belum tertidur padahal ia sudah melepas puting maka jangan melihat matanya. Baringkan bayi di atas kasur sambil mengelus kepalanya dan mendendangkan lagu tidur dengan suara yang lirih dan lembut.

11. Pastikan kondisi tenang

Cara menidurkan bayi adalah dengan mengondisikan suasana yang tenang.

Janganlah membuat gaduh jika ingin bayi cepat tertidur. Bayi bisa terganggu atau kaget mendadak jika ia mendengar suara kencang.

Mintalah orang-orang di sekitar Anda untuk tenang dan tidak menimbulkan suara bising saat Anda hendak menidurkan bayi. Kondisi yang tenang akan mendukung bayi cepat tertidur hingga ia pulas.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi