Terbit: 24 Januari 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Semua pasangan tentunya ingin menjalani hubungan pernikahan dengan harmonis. Namun pernikahan memang tidak selalu berjalan mulus. Salah satu gangguan dalam hubungan rumah tangga adalah perselingkuhan. Apa sih penyebab seseorang yang sudah menikah bisa terjebak dalam perselingkuhan?

Beberapa Alasan Mengapa Si Dia Selingkuh

Photo Credit: everydayfeminism.com

Dee Holmes, seorang konselor hubungan mengungkapkan bahwa orang yang melakukan perselingkuhan biasanya diselimuti perasaan dendam. Seseorang yang merasa pasangannya terlalu banyak menghabiskan waktu di tempat kerja dan tidak memberikan perhatian penuh akan merasa dendam dan tidak puas, lalu mulai melakukan perselingkuhan.

Selain itu ketidakpuasan akan hubungan seksual dari pasangannya juga dapat memicu perselingkuhan. Akibatnya, pasangan akan mencari kepuasan seksual dengan orang lain.

Holmes menambahkan bahwa beberapa orang menganggap hubungan adalah suatu permainan. Perselingkuhan dianggap sebagai cara untuk mencari keuntungan dari kesempatan yang ada. Ketika salah satu pasangan merasa bosan, selingkuh bisa membangkitkan lagi gairah dalam hidupnya.

Selain itu perselingkuhan bisa terjadi ketika salah satu pasangan merasa tidak dihargai. Umumnya, pasangan tidak merasa aman dengan tubuhnya, karir, hingga kesehatannya. Holmes berpendapat jika keinginan untuk merasa muda kembali dapat memotivasi orang untuk selingkuh.

Menurut dr. Theresia Rina Yunita, perselingkuhan juga dipengaruhi oleh gen. Gen tersebut adalah D4 plymorphsm atau disingkat DRD4 dan AVPR1A. Gen ini ada di setiap orang, namun yang menentukan bakat perselingkuhan adalah varian dan ukuran dari gen tersebut.

Dr. Theresia juga menambahkan bahwa mereka yang terlahir dengan warisan genetik selingkuh belum tentu akan melakukan perselingkuhan, jadi jangan terlalu curiga pada pasangan Anda. Bagi Anda yang merasa jenuh dalam hubungan, sebaiknya lakukanlah kegiatan baru bersama pasangan Anda atau lakukan liburan ke tempat-tempat yang sudah lama ingin Anda kunjungi bersama pasangan. Hal ini selain dapat meningkatkan kualitas hubungan Anda dan psangan, juga dapat mengurangi risiko perselingkuhan.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi