Terbit: 23 Januari 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Beberapa jenis makanan memang bisa dikonsumsi dalam keadaan mentah. Sebagai contoh, beberapa jenis sayuran yang dijadikan lalapan atau bahkan makanan khas jepang dari bahan ikan seperti sushi dan sashimi biasa dikonsumsi dalam kondisi mentah. Hanya saja, ada baiknya kita tidak mengkonsumsi makanan-makanan ini dalam kondisi mentah karena bisa membahayakan kesehatan.

Bahaya! Jangan Sampai Makanan Ini Dikonsumsi Saat Masih Mentah

Kentang
Lisa Davis yang merupakan ahli nutrisi dari Terra’s Kitchen menyebutkan bahwa jika kita mengkonsumsi kentang dalam kondisi mentah, maka kita akan mengkonsumsi zat tepung yang sulit dicerna oleh tubuh dan akhirnya memicu masalah perut kembung atau gangguan gastrointestinal yang sangat tidak nyaman. Tak hanya itu, ada kemungkinan kentang mentah masih memiliki racun solanine yang bisa memicu keracunan jika dikonsumsi.

Singkong
Layaknya kentang, singkong tidak boleh dikonsumsi dalam keadaan mentah. Hal ini disebabkan oleh adanya kandungan sianida yang harus dihilangkan dengan cara dimasak.

Sosis
Tidak semua sosis siap makan lho. Jika kita asal mengkonsumsi sosis mentah, maka dikhawatirkan kita akan mengkonsumsi bakteri listeria yang berbahaya bagi kesehatan. Pastikan untuk memasaknya demi membunuh bakteri tersebut.

Susu
Meskipun termasuk dalam minuman yang kaya akan gizi, susu harus diproses terlebih dahulu demi menghilangkan bakteri berbahaya layaknya salmonella atau e.Coli. Jika kita langsung mengkonsumsinya dalam kondisi mentah setelah diperah dari sapi, maka kita bisa mengalami gangguan perut atau diare.

Kecambah
Sebagian orang makan kecambah mentah karena berpikir jika makanan ini bisa bermanfaat bagi kesehatan. Padahal, kecambah mentah bisa saja memiliki bakteri berbahaya e.Coli, salmonella, dan listeria yang berbahaya.

Tepung terigu
Banyak orang yang sengaja mencicipi terigu mentah sebelum diolah. Padahal, menurut pakar kesehatan, hal ini bisa membuat kita mengkonsumsi bakteri berbahaya seperti e. Coli yang bisa memicu masalah kesehatan pencernaan yang tidak bisa disepelekan.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi