Terbit: 29 January 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.com – Wasir atau hemoroid adalah pembengkakan pada vena yang terjadi pada anus. Penyakit ini susah dideteksi dan kerap baru terasa saat sudah parah. Wasir dibagi menjadi beberapa tingkat pembengkakannya.

Atasi Wasir yang Mengganggu dengan Cara Mudah Ini

Ada wasi jenis I, jenis, II, dan jenis II yang parah. Kalau seseorang masih mengalami wasir jenis I dan jenis II, mereka bisa disembuhkan dengan obat. Meski wasir bisa disembuhkan dengan obat, penderita juga harus melakukan beberapa hal di bawah ini untuk mengurangi efek atau mencegahnya datang kembali.

1. Duduk di dalam air hangat
Saat wasir sedang muncul atau kambuh, coba rendam pantat ke dalam air hangat. Air hangat akan mengurangi iritasi dan gatal yang terjadi. Anda akan merasa lebih nyaman setelah berendam selama 20 menit selama 3-4 kali sehari. Lakukan perendaman pada pagi, siang, sore, dan malam sebelum tidur.

2. Tidak menahan buang air besar
Saat sedang wasir, jangan sesekali menahan buang air besar. Jika perut sudah mulai mulas segera ke kamar kecil untuk menuntaskannya. Kalau menahan buang air, bagian anus akan terasa sakit karena pembuluh darah menegang saat menahan.

3. Hindari sembelit
Konsumsi makanan dan minuman yang mampu melancarkan buang air besar dan menurunkan risiko sembelit. Konsumsi buah-buahan seperti alpukat, jeruk nipis, pepaya, dan pir setiap harinya.

4. Jaga pola makan dengan ketat
Untuk mengurangi risiko pembengkakan pada anus, hindari mengonsumsi makanan yang terlalu pedas. Konsumsi makanan yang mengandung banyak serat seperti sayur hijau, roti gandum, dan buah segar lainnya. Perbanyak jus buah dan sayur sebagai camilan ketimbang mengonsumsi gorengan.

5. Olahraga rutin
Salah satu penyebab wasir adalah obesitas yang terlalu para pada tubuh. Untuk mengurangi risiko ini, Anda diwajibkan untuk melakukan olahraga secara rutin. Setelah sembuh coba lakukan olahraga pelan-pelan seperti jalan santai dan lari ringan 30 menit setiap hari.


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi