Terbit: 23 October 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Belakangan ini di media sosial dan pesan berantai aplikasi ponsel pintar sedang dihebohkan oleh kabar bahwa anggur yang dijual di pinggir jalan diberi tambahan formalin sehingga tetap terlihat segar meski terpapar cuaca panas dan berdebu. Isi dari pesan ini terlihat sangat meyakinkan karena adanya foto-foto yang menunjukkan bahwa anggur memang masih terlihat segar dan menggiurkan. Selain itu, terdapat pula foto yang menyebutkan bahwa terdapat perbedaan warna beberapa jenis anggur sebagai tanda bahwa salah satunya telah diberi formalin.

Viral Kabar Anggur Mengandung Formalin, Begini Faktanya

Pelaksana Tugas Deputi Bidang Pengawasan Pangan Olahan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Tetty Helfery Sihombing menyebutkan bahwa ia masih belum bisa memberikan komentar mengenai hal ini. Hal ini disebabkan oleh BPOM yang belum melakukan pengambilan atau pengujian sampel anggur yang dijual di pinggir jalan.

Hanya saja, Tetty juga menyebutkan bahwa beberapa produk pangan, termasuk buah anggur ternyata memiliki kandungan formaldehid, sejenis senyawa kimia yang berbentuk gas atau cairan. Senyawa ini lebih dikenal dengan nama formalin. Kandungan formaldehida ini alami dan berasal dari beberapa jenis buah dan sayuran yang sering kita konsumsi seperti apel, anggur, pisang, wortel, dan bawang. Bahkan, tubuh manusia sebenarnya juga memproduksi senyawa kimia ini secara alami karena memiliki peran besar dalam sistem metabolisme tubuh

Lantas, apakah anggur yang dijual di pinggir jalan ini aman untuk dikonsumsi? Tetty menyebutkan bahwa ada baiknya masyarakat tetap tenang dan tidak mudah mempercayai kabar yang beredar di media sosial. Kita pun tetap bisa membeli anggur di pinggir jalan tanpa perlu mengkhawatirkan tentang adanya formalin sebagaimana yang disebutkan sebelumnya.

“Sudah kami koordinasikan. Sepertinya hal ini lebih karena asumsi, jadi bukan hoaks,” ungkap Tetty.

Anggur dikenal luas sebagai buah yang kaya akan nutrisi menyehatkan. Pakar kesehatan pun menyarankan kita untuk rutin mengonsumsinya sebagaimana buah-buahan lainnya demi mendapatkan asupan serat, vitamin, mineral, dan nutrisi lainnya yang sangat penting bagi tubuh. Hanya saja, saat membelinya kita memang sebaiknya harus mengecek kualitas dari buah tersebut.


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi