Terbit: 20 September 2018 | Diperbarui: 3 Februari 2022
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com- Kita tentu pernah mendengar anjuran dari orang tua untuk menghindari es atau minuman dingin demi mencegah datangnya radang tenggorokan. Sebenarnya, apakah es atau minuman dingin memang bisa memberikan dampak ini?

Benarkah Minum Es Bisa Picu Radang Tenggorokan?

Pakar kesehatan menyebut radang tenggorokan atau faringitis sebagai kondisi tenggorokan yang terasa tidak nyaman dan nyeri. Penyebab utama dari masalah kesehatan ini adalah virus meskipun terkadang penyebabnya juga bisa berupa jamur, bakteri, polutan seperti asap dan debu, hingga reaksi alergi. Satu hal yang pasti, radang tenggorokan menandakan bahwa sistem kekebalan tubuh kita sedang menurun sehingga lebih mudah diserang virus atau kuman.

Melihat adanya fakta ini, minum es bukanlah penyebab dari radang tenggorokan. Hanya saja, jika kita mengonsumsinya saat sedang mengalami radang tenggorokan, maka besar kemungkinan masalah kesehatan ini bisa menjadi semakin parah. Hal ini disebabkan oleh kemampuan minuman dingin dalam membuat kita batuk-batuk yang tentu bisa memperparah peradangan.

Meskipun tidak menyebabkan radang tenggorokan, bukan berarti kita bisa dengan sembarangan minum es. Memang, minuman yang diberi es cenderung memiliki rasa yang lebih segar, apalagi jika dikonsumsi di suhu udara yang panas, namun, ada baiknya kita mengonsumsi air dengan suhu biasa atau bahkan air hangat yang lebih nyaman bagi tenggorokan dan pencernaan.

Agar tidak mudah terkena radang tenggorokan, pastikan untuk selalu mengonsumsi makanan yang bergizi sehingga membuat sistem kekebalan tubuh tetap kuat dalam melawan berbagai macam virus, bakteri, dan kuman yang bisa menyebabkan datangnya penyakit.


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi