Terbit: 5 February 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Anda perlu bersyukur karena tinggal di Indonesia yang berada di wilayah tropis. Buah-buahan yang tumbuh di negara tropis memiliki rasa dan warna yang beragam, namun yang terpenting semuanya kaya nutrisi.

6 Buah Tropis yang Perlu Anda Makan Setiap Hari

WHO merekomendasikan untuk mengonsumsi 400 gram buah dan sayur per hari, sedangkan Undang-undang Kesehatan No.36 tahun 2009 merekomendasikan konsumsi 2-3 porsi buah per hari. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, Anda bisa menyajikan beberapa jenis buah per hari dengan berbagai cara penyajian agar tidak terasa bosan. Dilansir dari laman WebMD, berikut ini pilihan buah-buahan tropis yang bisa Anda konsumsi setiap hari beserta saran penyajian yang bisa Anda coba di rumah:

Markisa
Di beberapa negara, markisa disebut delima kecil karena isi dan warnanya mirip dengan delima. Markisa kaya akan potasium, serat dan baunya sangat harum. Anda dapat menyajikan markisa sebagai salad buah atau disajikan sebagai jus untuk pencuci mulut.

Belimbing
Belimbing merupakan sumber vitamin C yang baik dan memiliki 40 kalori. Buah berbentuk bintang ini bisa dimakan tanpa perlu dikupas seutuhnya. Tambahkan ke hidangan salad atau sajikan sebagai hiasan, untuk memberikan rasa segar. Bagi Anda yang memiliki masalah ginjal, kemungkinan perlu sedikit membatasi konsumsi belimbing untuk mencegah terbentuknya batu ginjal.

Mangga
Mangga merupakan salah satu buah yang memiliki banyak varietas. Mangga kaya akan serat dan vitamin C dan memiliki rasa yang segar dan banyak disukai anak-anak hingga dewasa. Mangga dapat disajikan langsung sebagai buah potong atau dalam salad dan es buah.

Pepaya
Pepaya merupakan sumber serat yang baik dan dapat memperlancar sistem pencernaan. Selain itu pepaya juga kaya akan folat, vitamin A, karotenoid, lutein, likopen dan asam amino esensial yang baik bagi pertumbuhan sel. Satu buah pepaya ukuran medium mengandung 119 kalori, kurang dari 0,5 gram lemak, 24 gram gula alami dan 5,5 gram serat. Sajikan pepaya langsung atau taburi dengan perasan jeruk nipis atau lemon untuk memperkaya rasa.

Jambu biji
Jambu biji mengandung likopen yang berfungsi sebagai zat anti-inflamasi dan mencegah pertumbuhan tumor. Jambu juga merupakan buah yang mampu meningkatkan sistem kekbalan tubuh. Anda dapat menyajikannya langsung, mengolahnya menjadi jus atau campurkan dalam bahan makanan lainnya.

Kiwi
Buah kiwi kaya akan potasium, vitamin C dan serat yang tinggi. Kiwi paling populer disajikan dalam salad, smoothies, jus atau yoghurt rendah lemak.


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi