Terbit: 29 Januari 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.com – Klitoris adalah ujung dari vagina yang mempertemukan dua labia dalam (labia minor). Klitoris identik diidentikkan dengan penis pada wanita karena pada ujung terdapat banyak pembuluh darah. Organ ini juga titik rangsang terluar dari wanita selain puting susu yang dikenal sangat sensitif.

5 Fakta Klitoris yang Harus Diketahui Semua Pria

Untuk mengenal lebih banyak tentang klitoris yang ada pada organ kelamin wanita, simak 5 fakta menariknya di bawah ini.

1. Titik puas seksual wanita
Membuat wanita mendapatkan orgasme bukanlah pekerjaan yang gampang. Pasangan harus tahu titik rangsang yang membuat wanita semakin bergairah. Nah, klitoris adalah salah satu dari titik itu sehingga stimulasi bagian ini harus dilakukan enggan benar agar kesempatan wanita mendapatkan orgasme bisa meningkatkan menjadi 50-75%.

Saat bercinta pria bisa melakukan rangsangan pada bagian klitoris dengan memberikan sentuhan lembut, gesekan, jilatan, hingga gigitan kecil.

2. Jarak klitoris ke vagina pengaruhi orgasme
Jarak klitoris ke rongga vagina tidak sama pada setiap wanita. Berdasarkan sebuah penelitian, jarak antara vagina dan klitoris memengaruhi tingkat pencapaian orgasme pada wanita. Kalau jarak klitoris ke vagina lebih dekat, kecepatan mendapatkan orgasme lebih besar.

3. Klitoris hanya untuk kepuasan wanita
Klitoris muncul hanya untuk organ seksual wanita saja. Kalau puting payudara punya fungsi lain sebagai penyalur ASI ke bayi, klitoris hanya untuk kepuasan wanita saja. Organ ini mengandung 8000 ujung saraf yang bila dirangsang akan membuat gairah wanita meningkat.

4. Bentuknya berbeda-beda
Bentuk klitoris masing-masing wanita berbeda. Ada yang menyembul keluar dari himpitan dua labia. Ada juga yang kecil masuk ke dalam. Karena bentuknya berbeda-beda, cara rangsangnya juga berbeda-beda.

5. Klitoris ukurannya besar
Klitoris yang muncul keluar hanyalah seperempat dari ukuran aslinya. Biasanya organ ini akan membesar dan membulat kalau mendapatkan rangsangan. Jadi, klitoris tidak ubahnya penis pada pria yang mengeras dan membesar saat terkena rangsangan.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi