Terbit: 9 Maret 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Siapa yang suka rambutan, manggis atau sirsak? Buah-buahan lokal tersebut selain bermanfaat untuk tubuh, rasanya yang manis asam juga sangat segar. Tidak heran ada banyak orang yang menjadikan buah-buahan lokal menjadi buah favoritnya.

Ingin Selalu Sehat? Cobalah 5 Buah Lokal Kaya Gizi Ini

Meskipun masih kalah bersaing dengan buah-buahan impor, namun jangan salah pemerintah melalui Kementerian Pertanian ternyata juga melakukan ekspor untuk buah-buahan lokal kita, salah satunya adalah buah manggis.Hal ini menjadi salah satu bukti bahwa buah lokal tidak kalah kualitasnya dengan buah impor.

Kualitas buah lokal juga dapat kita lihat dari kandungan gizinya, berdasarkan United States Department of Agriculture berikut ini buah-buahan lokal yang kaya akan kandungan gizi:

1. Manggis

Menjadi salah satu komiditi ekspor, buah manggis memang memiliki banyak kandungan gizi. Dalam 100 gram buah manggis, setara dengan kurang lebih 3-4 buah manggis ukuran sedang, terdapat berbagai kandungan zat gizi seperti vitamin A dan C serta kaya akan kalium yang baik untuk fungsi otot tubuh.

2. Sirsak

Dalam 100 gram buah sirsak terdapat kandungan serat yang sangat tinggi jika dibandingkan dengan buah jenis lain seperti apel jeruk, yaitu sebesar 3,3 gram. Angka tersebut dapat kita peroleh dari 1 potong sirsak yang seukuran dengan buah jeruk ukuran sedang.

3. Rambutan

Buah rambutan kaya akan vitamin B3 dan zat besi, dalam 100 gram rambutan yang setara dengan 8-9 buah rambutan, terdapat 1,2 mg kandungan vitamin B3 dan 0,4 mg zat besi, angka ini lebih tinggi jika dibandingkan dengan buah-buahan lain misalnya pisang atau semangka.

4. Mangga

Buah mangga lokal sangat mudah kita peroleh apalagi jika sedang musim mangga. Dari warnanya yang oranye tentu sudah terlihat bahwa buah mangga memiliki kandungan vitamin A yang tinggi. Dalam 100 gram buah mangga, setara dengan setenga buah mangga ukuran sedang, terdapat 1080 IU vitamin A.

5. Jeruk bali

Buah jeruk yang ukurannya besar ini sangat kaya akan vitamin C. Menurut Tabel Komposisi Pangan Indonesia yang dikeluarkan oleh PERSAGI, dalam 100 gram buah jeruk bali, setara dengan 1 buah jeruk manis ukuran sedang, terdapat 197 mg vitamin C. Angka ini 3x lebih tinggi dibandingkan dengan jenis jeruk lainnya.

Buah lokal memilki beragam kandungan gizi yang unggul dimasing-masing jenisnya. Nah, Anda tertarik untuk makan buah lokal apa hari ini?


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi