Terbit: 11 February 2018 | Diperbarui: 20 April 2022
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com – Anoreksia atau bulimia adalah kelainan yang kerap dikaitkan dengan wanita khususnya mereka yang berkecimpung di dunia model. Karena ingin mendapatkan badan yang ideal, mereka kerap jarang makan atau setelah makan dikeluarkan lagi karena takut menjadi gemuk dan tidak memiliki badan ideal lagi.

Pria Juga Bisa Mengalami Anoreksia dan Bulimia

Gangguan yang cukup parah ini juga bisa menimpa pria. Bahkan berdasarkan studi, 10 orang yang mengalami anoreksia dan bulimia, 1 di antaranya adalah pria. Nah, kira-kira apa ya yang menyebabkan pria juga mengalami gangguan ini.

Penyebab pria mengalami anoreksia dan bulimia
Ternyata gangguan makan yang terjadi pada pria ini dipicu oleh obsesi mendapatkan badan yang ideal. Karena ingin segera berotot, memiliki badan sixpack, dan kualitas hidupnya meningkat, pria tidak makan atau melakukan diet yang tidak sehat. Apa yang dilakukannya ini akhirnya menjadi obsesi sehingga makan dianggap sebagai sebuah pantangan.

Pria dengan anoreksia dan bulimia tidak peduli dengan rasa sakit atau lapar yang dialami oleh tubuhnya. Asal berat badan turun mereka akan melakukan apa saja mulai dari tidak makan, memuntahkan apa yang sudah dimakan hingga menggunakan obat pencahar agar isis perut keluar semuanya.

Oh ya, Selain karena obsesi ingin mendapatkan badan ideal, kelainan ini bisa terjadi karena trauma kerap dirisak akibat memiliki badan obesitas.

Cara menyembuhkan anoreksia dan bulimia pada pria
Kalau Anda merasa memiliki gejala anoreksia dan bulimia, coba segera sembuhkan dengan beberapa cara di bawah ini agar kesehatan tubuh tidak dipertaruhkan.

  • Memperbaiki pola makan agar nutrisi bisa masuk lagi ke dalam tubuh.
  • Jika ada kecemasan terkait berat badan, segera bicarakan dengan dokter, ahli gizi, atau rekan agar tidak melakukan hal-hal yang merugikan.
  • Jauhi tempat yang membuat obsesi kurus jadi kembali untuk sementara.
  • Minta anjuran ahli gizi agar kondisi tubuh kembali normal.
  • Terapkan gaya hidup sehat agar mendapatkan tubuh ideal dengan benar dan tidak menimbulkan gangguan pada tubuh.

DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi