Terbit: 14 April 2018 | Diperbarui: 27 June 2022
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com – Selama ini masalah buang air besar pada pria hanya berkisar pada diare atau buang air yang terus-menerus dalam keadaan encer. Selanjutnya sembelit atau susahnya buang air besar karena tubuh kekurangan serat atau kondisi lainnya seperti demam terlalu tinggi.

BAB Keluar Darah pada Pria, Apa yang Terjadi?

Selain dua hal yang disebutkan sebelumnya, gangguan BAB yang terjadi pada pria juga berupa keluarnya bercak darah. Darah biasanya keluar bercampur dengan feses atau keluar setelah aktivitas buang air selesai.

Penyebab darah keluar saat BAB

Darah yang keluar saat buang air besar biasanya disebabkan oleh dua hal. Pertama adalah gangguan saluran cerna atas. Gangguan pencernaan atas biasanya memiliki tanda berupa warna darah yang lebih gelap atau cenderung berwarna hitam. Warna ini muncul dari radang pada lambung atau gangguan lain yang berkaitan dengan asam lambung.

Gangguan saluran cerna bawah biasanya muncul dalam wujud darah yang lebih segar. Warnanya cenderung merah dan langsung bercampur dengan feses. Gangguan saluran cerna bawah ini biasanya terjadi karena wasir atau hemoroid. Bengkak yang ada saluran pengeluaran akan mengeluarkan darah saat ditekan oleh kotoran.

Cara mengatasi darah keluar saat BAB

Keluarnya darah dalam kotoran biasanya terjadi karena penyakit lambung dan wasir. Dampak yang ditimbulkan oleh penyakit ini bermacam-macam. Ada yang sembuh dalam beberapa hari, tapi ada juga yang membutuhkan waktu hingga 6 minggu.

Untuk mencegah darah keluar saat BAB, pria disarankan untuk lebih menjaga makanannya. Misal mengonsumsi makanan sehat dengan memperbanyak buah dan juga sayuran. Lebih lanjut, olahraga yang rutin dan tidak sering duduk akan menurunkan risiko terkena wasir yang cukup berbahaya.

Kalau Anda sering mendapati darah keluar bersama feses dan tidak mengalami dua jenis penyakit di atas, segera periksakan diri ke dokter. Takutnya ada gangguan lain di saluran pencernaan dan pembuangan.


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi