Terbit: 11 Maret 2018 | Diperbarui: 7 Desember 2021
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com – Ejakulasi biasanya datang setelah tubuh kejang dan mendapatkan orgasme yang hebat. Selanjutnya penis akan memancarkan sperma keluar bercampur dengan mani. Proses ejakulasi dan orgasme ini memberikan kenikmatan ganda pria meski tidak semua pria bisa mengalaminya.

Sering Rasakan Nyeri Saat Ejakulasi, Mungkin Ini Penyebabnya

Beberapa pria justru merasakan sakit saat alami ejakulasi. Alih-alih mendapatkan nikmat, pria malah kesakitan sehingga menurunkan keinginannya untuk berhubungan badan. Kalau Anda kerap alami sakit saat ejakulasi, mungkin beberapa hal ini masalahnya.

Gejala yang muncul saat ejakulasi

Pria yang alami sakit saat ejakulasi biasanya alami beberapa hal di bawah ini.

  • Rasa sakit datang mendadak, saat penetrasi atau saat masturbasi tidak merasakan apa-apa.
  • Rasa sakit sebelum dan sesudah ejakulasi meski hanya singkat.
  • Rasa sakit di sekitar penis, kandung kemih, dan area anus.
  • Sakit saat kencing.

Penyebab sakit saat ejakulasi

Ada cukup banyak hal yang menyebabkan sakit saat ejakulasi, berikut ulasannya.

1. Kanker prostat
Pria yang memiliki kanker prostat alami memar pada bagian prostat dan area sekitarnya. Saat tubuh mengejang dan akhirnya mengeluarkan air manis, rasa sakit akan muncul. Gangguan ini juga kerap muncul saat pria buang air kecil.

2. Obat tertentu
Beberapa obat seperti antidepresan menyebabkan turunnya libido pada tubuh, gangguan ereksi, dan rasa sakit pada penis saat alami ejakulasi.

3. Prosedur pada pelvic
Adanya  prosedur pada pelvic seperti radiasi bisa menyebabkan kerusakan pada prostat dan beberapa bagian yang membantu ejakulasi. Kalau bagian ini tidak berfungsi, ejakulasi bisa berjalan dengan munculnya rasa sakit.

4. Penyakit menular seksual
Beberapa penyakit menular seksual seperti klamidia menyebabkan rasa sakit dan panas saat ejakulasi dan kencing. Kalau Anda merasakan hal yang sama segera periksakan ke dokter agar segera mendapatkan pengobatan.


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi