Terbit: 25 Februari 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Anda suka mengonsumsi buah yang berwarna ungu? Warna ungu pada buah atau sayur memang menarik, selain itu ternyata warna ungu memiliki kehebatan yang hanya dimiliki oleh buah berwarna ungu. Kira-kira apa zat tersebut?

Ini Dia Zat Hebat yang Ada pada Buah Berwarna Ungu

Buah memiliki berbagai jenis warna baik pada kulit atau daging buahnya. Warna-warna tersebut dipengaruhi oleh zat fitokimia. Zat ini memiliki peran aktif bagi pencegahan penyakit dan banyak manfaaat lainnya. Zat fitokimia yang ada pada buah tidak sama antara satu dan lainnya sehingga manfaat yang diperoleh dari masing-masing warna pada buah juga berbeda. Pada buah warna ungu terdapat kandungan zat fitokimia yaitu flavonoid.

Flavonoid ini terdapat pada beberapa jenis warna kulit buah yaitu buah berwarna ungu, biru atau merah tua keunguan. Menurut pakar kesehatan Rita Ramayulis, flavonoid merupakan zat fitokimia yang cukup banyak memiliki manfaat karena terdiri dari beberapa golongan yaitu antosianin dan lutein.

Secara umum kandungan fitokimia yang ada pada buah memiliki kandungan antioksidan yang baik. Namun pada flavonoid efektivitas antioksidannya lebih tinggi dari vitamin C. Jika diibaratkan kandungan efektivitas antioksidan pada vitamin C adalah satu sedangkan flavonoid memiliki kandungan efektivitas antioksidan sebesar 4,7. Sehingga flavonoid memiliki efektivitas antioksidan yang baik.

Flavonoid juga mampu mencegah terjadinya kanker, selain dari kandungan antioksidannya, flavonoid mampu melindungi struktur sel untuk mencgah penyakit, sebagai anti inflamasi atau peradangan. Flavonoid masih memiliki manfaat lain yaitu mampu berperan sebagai antibiotik yang dapat membantu penyembuhan penyakit akibat bakteri serta dalam jangka panjang flavonoid mampu mencegah terjadinya keropos tulang.

Kandungan flavonoid ini dapat kita peroleh dari jenis buah dengan warna kulit atau daging ungu atau biru atau ungu kemerahan seperti buah ceri, beri hitam, blueberry, anggur merah dan ungu, apel merah gelap, pir merah dan buah delima.

Nah ternyata buah-buahan berwarna ungu selain warnanya yang unik, juga menyimpan banyak zat hebat yang bermanfaat untuk tubuh kita.


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi